Selasa, 05 Maret 2024

UPT SPF SD Inpres Mariso II Kota Makassar Menggelar Webinar "Literasi Keuangan Digital"


BN Online, Makassar, 5 Maret 2024 -  UPT SPF Sekolah Dasar Inpres Mariso II Kota Makassar telah berhasil menyelenggarakan kegiatan webinar melalui platform Google Meet dengan tema "Literasi Keuangan Digital" yang diselenggarakan oleh Komunitas Belajar (Kombel) Mariso II, pada Selasa, (5/3/2024).



Kegiatan ini dipimpin oleh kepala sekolah sekaligus koordinator, Eli Elliyani, S.Pd.,M.Si, dan ketua Kombel, Sarminaliah. Y, S.Pd. Bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang literasi keuangan digital kepada peserta dengan harapan mereka dapat mengaplikasikannya untuk mencapai "Keuangan Sehat". 


Selain itu, diharapkan guru-guru, terutama dari UPT SPF SDI Mariso II, dapat mengimbaskan pengetahuan ini kepada peserta didik saat melakukan Market Class agar mereka lebih memahami teknik mengelola keuangan sejak dini.


Berikut adalah rangkuman langkah-langkah yang dibahas dalam webinar ini untuk memulai perencanaan keuangan:


1. Evaluasi kondisi keuangan saat ini.

2. Kontrol dan awasi arus kas.

3. Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan    usaha.

4. Sisihkan uang untuk dana darurat.

5. Buat target dan rencana pengeluaran.

6. Buat rencana dan strategi untuk mencapai target.

7. Bijak mengelola pinjaman.

Tips yang disarankan adalah alokasikan pendapatan usaha ke dalam tiga kategori, yaitu 50% untuk biaya hidup, 30% untuk cicilan, dan 20% untuk dana darurat. Maksimal total cicilan pinjaman adalah 30%.


Selain itu, peserta juga disarankan untuk mendownload aplikasi Buku Kas - Pengeluaran Harian guna memudahkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan serta mengetahui untung dan rugi dalam menjalankan usaha serta alur pengeluaran dana pribadi masing-masing.


Kegiatan webinar ini berlangsung pada tanggal 5 Maret 2024, pukul 14.00 - 16.00 WITA dan diselenggarakan oleh Kombel Mariso II. (Andi Achy)


Editor: Dellate


.