Selasa, 09 Mei 2017

Pesta Panen diBeroangin, Dihadiri Wabup Jeneponto

Tags

Senin, 08 Mei 2017 | 10:00 | Wita

Wakil Bupati Jeneponto, H.Mulyadi Mustamu, disambut secara ada oleh warga setempat, saat menghadiri pesta panen didesa Beroangin Kec.Bangkala Barat.

BN online, Jeneponto –-- Masyarakat Desa Beroangin Kecamatan Bangkala Barat Jeneponto menggelar acara pesta panen, Senin, 08/05/2017.

Pesta Panen dihadiri  oleh wakil bupati (wabup)Jeneponto, Mulyadi Mustamu yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Ginawati paledengi, Kepala Desa Beroangin, Nurdin dan sejumlah anggota TP PKK Kecamatan Bangkala Barat, Kedatangan orang nomor dua Jeneponto ini disambut secara adat.

Kepala Desa Beroangin, Nurdin mengungkapkan, Pesta Panen ini dilakukan setiap tahunnya sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas panen hasil bumi.

"Pesta Penen ini sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas panen hasil bumi, seperti jagung, padi dan tanaman lainnya." Ungkap Nurdin.

Nurdin menjelaskan, tahun ini para petani jagung mendapatkan berkah yang lebih banyak di bandingkan tahun lalu, karena tahun ini bisa panen tiga kali di bandingkan tahun lalu hanya satu sampai dua kali.

Dalam pesta ini, berbagai ragam budaya juga di tampilkan dalam pesta panen tersebut, diantaranya, tari paddeko, tari pakarena, a'lanja, Pamanca, dan Penampilan bela diri tapak suci dari kalangan anak-anak desa Beroangin.

Ditempat itu, Wakil Bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu mengapresiasi acara pesta panen yang dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah Desa Beroangin. "Saya bangga dengan pemerintah dan masyarakat Desa Beroangin, yang telah melaksanakan acara pesta panen yang begitu meriah, saya salut dengan masyarakat yang setiap mendapat nikmat dari Allah dia selalu rayakan rasa syukurnya dengan budaya adat," papar Mulyadi

Muliadi juga berjanji akan selalu mensupport kegiatan tersebut. "Saya atas nama pemerintah daerah akan selalu mensupport kegiatan ini untuk pelaksana pada tahun-tahun yang akan datang, apalagi kalau Tuhan meridhoi saya menjadi Bupati Jeneponto, Kegiatan seperti akan kami laksanakan lebih meriah lagi, dan kegiatan ini akan kami lestarikan di kabupaten Jeneponto Jeneponto," harapnya.


Penulis : BN | Jeneponto | Agus Munte

Editor   : BN | Sulawesi Selatan | Dny