Selasa, 01 September 2020

Kelompok Tani Tanjung Sejahtera , Peran Sertanya dalam pembangunan Desa Ako

Sabir Samaruna ( paling kiri ) , dalam salah satu kegiatan dengan masyarakat Ako

BN Online, Pasangkayu--Ako yang terletak di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu adalah sebuah desa yang cukup strategis di Kabupaten Pasangkayu . Disana terdapat obyek vital berupa dermaga pasangkayu milik pemda Kabupaten Pasangkayu dan Dermaga Khusus Tanjung Bakau serta PT Tanjung Sarana Lestari yang menjadi salah satu ikon Propinsi Sulawesi Barat sebagai satu satu saat ini pabrik Reffenery CPO di Indonesia  bagian timur. Di Ako juga bermukim seorang Sabir Samaruna , salah seorang tokoh masyarakat kaili di Kabupaten Pasangkayu .

Siapa Sabir Samaruna  ?.
Sabir Samaruna ( 60 tahun )  adalah putra asli Pasangkayu yang cukup berjasa utamanya dalam derap pembangunan daerah di sekitar Ako Kecamatan Pasangkayu , termasuk diantara dalam proses pembanguan Dermaga Pemda Pasangkayu dan Dermaga Khusus Tanjung Bakau berikut sarana pendukungnya. Walaupun terlahir di daerah perkampungan tapi  visinya dalam memajukan daerah didukung  jiwa sosialnya yang tinggi pantas diacungi jempol.

Diluar itu , Sabir Samaruna juga tercatat sebagai Ketua Kelompok Tani Tanjung Sejahtera di Ako Pasangkayu . Sabir Samaruna menjadi salah satu orang di Ako Pasangkayu pada tahun 2008 yang melihat menanam kelapa sawit menjadi salah satu solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat Ako di masa mendatang disaat masyarakat lain masih mengandalkan komodity tanaman kakao . Dengan kondisi mulai banyaknya tanaman kakao yang  terkena hama dan penyakit menjadi salah satu alasannya.

Setelah 4 tahun kemudian, memang terbukti apa yang mereka yakini saat memutuskan menanam budidaya kelapa sawit saat itu . Harga dan tempat pemasaran yang terjamin menjadikan komodity tahan uji. Saat ini, Kelompok Tani Tanjung Sejahtera telah menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat Ako . ” Saya mewakili teman teman yang tergabung dalam Kelompok Tani Tanjung Sejahtera mengucapkan terima kasih kepada PT. Letawa yang telah merespon permohonan kami saat itu  untuk mendapatkan bantuan bibit kelapa sawit dan hasilnya telah kami nikmati sampai saat ini “ ungkap Sabir

“ Selanjutnya kami masyarakat  Ako,  berharap PT Letawa bersedia melanjutkan program bantuan bibit kelapa sawit ke masyarakat  Ako , mengingat masih ada potensi lahan yang tidak produktif untuk di ubah menjadi kebun kelapa sawit , termasuk  sekaligus memberi bimbingan kepada kami “ , tambahnya . 

Menurut Sabir , “ Dengan bertambahnya angkatan kerja di masyarakat Ako jika tidak diantipasi oleh semua pihak , dengan pemberian ilmu pengetahuan dan penciptaan lapangan kerja , bisa menjadi masalah sosial di kemudian hari ”. Semoga semua yang menjadi harapan Sabir Samaruna juga menjadi harapan masyarakat Ako agar masyarakat lebih sejahtera . (E. Syam/*)


Editor : | BN Online | Dony