Jumat, 04 September 2020

PT. Suryaraya Lestari 1 Berikan Beasiswa dan Honor Guru Ke Sekolah Eksternal


BN Online, Pasangkayu--Meski dimasa pandemi Covid-19, namun perhatian dan komitmen anak perusahaan Astra Agro Lestari yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit tetap eksis  dalam memajukan dunia pendidikan  di wiliyah kerja dan operasionalnya yang belokasi di desa Bulumario, Kecamatan Sarudu, kabupaten Pasangkayu. Baru-baru ini, kembali  PT. Suryaraya Lestari 1 menggelontorkan dana beasiswa dan honor guru ke 16 sekolah mulai dari jenjang SD sampai jenjang SMU/SMK yang berada di 5 desa, 3 kecamatan  dalam wilayah kabupaten Pasangkayu dan 3 Sekolah di desa Sanjango, kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Jumat (4/9/2020).

Sebanyak 69 siswa yang berprestasi di bidang akademik yang terdiri dari 36 siswa jenjang SD, 27 siswa jenjang SMP dan 6 siswa jengjang SMU/SMK berhasil mendapatkan beasiswa ini. Sementara itu, sebanyak 43 orang guru dari 21 sekolah yang masih dalam kategori guru honorer juga mendapatkan bantuan honor guru yang diberikan setiap bulannya dari perusahaan.

Program pemberian bantuan beasiswa dan honor guru ini  merupakan program rutin tahunan dari perusahaan PT. Suryaraya Lestari 1 melalui departemen Education Social Engagement (ESE) sebagai bentuk apresiasi dan perhatian perusahaan dalam bidang pendidikan di wilayah kerja operasionalnya.

Dalam penyalurannya, berbeda dari tahun sebelumnya. Jika ditahun sebelumnya, penyerahan beasiswa prestasi dan honor guru ini disalurkan secara serentak dengan menghadirkan siswa dan guru penerima di setiap tanggal 17 Agustus yang disertai dengan upacara 17 Agustusan di PT. Suryaraya Lestari 1. Untuk tahun ini, penyalurannya dilakukan selama 3 hari yakni dari tanggal 1-3 September 2020 karena dimasa pandemi covid 19 sehingga penyaluran beasiswa prestasi dan honor guru ini dilakukan dengan mendatangi siswa-siswa dan guru penerima honor di sekolah masing-masing tentunya dengan penerapan protokol pencegahan Covid 19 dan diserahkan di tempat yang terbuka atau diluar ruangan.

Dalam proses penyerahan, Danyyan Taba Rahim selaku Kepala Kebun PT. Suryaraya Lestari 1 yang mewakili bapak M. Tugiran selaku ADM PT. SRL 1, berpesan kepada siswa-siswi penerima agar senantiasa memacu semangat belajar meski dalam kondisi Belajar Dari Rumah (BDR).

"Kami dari perusahaan sangat mengapresiasi adik-adik semua dalam pencapaian prestasi belajar selama ini sehingga bisa mendapatkan nilai terbaik dari sekolah masing-masing. Saat ini, meski dalam masa pandemi Covid 19 yang mengharuskan adik-adik belajar dari rumah, namun jangan sampai motivasi dan semangat belajar adik-adik jadi kendor.


Tingkatkan terus semangat belajarnya dan jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu; sering-seringlah cuci tangan pakai sabun, tetap gunakan masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan banyak orang”. Ucapnya setelah menyerahkan beasiswa. Hal senada juga disampaikan oleh Novie Konjongian selaku CDO PT. SRL 1 bahwa pemberian beasiswa dan honor guru ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian perusahaan dalam bidang CSR yang salah satunya dengan program pemberian beasiswa dan honor guru ini.

“Kami perusahaan agrobisnis yang bergerak di bidang kelapa sawit namun tetap peduli pada aspek-aspek sosial kemasyarakatan salah satunya di bidang pendidikan dengan harapan, kami dapat berkontribusi ikut mencerdaskan dan memajukan pendidikan di wilayah ini. Semoga apa yang kami serahkan ini, meski sedikit nilainya, namun dapat bermanfaat untuk menunjang proses pendidikan adik-adik semua”. Imbuhnya.

Sementara itu, Andi Ibrahim selaku PIC. Edukasi PT. SRL 1 menuturkan bahwa program Beasiswa Prestasi Akademik dan Bantuan Honor Guru ini merupakan program rutin yang digulirkan perusahaan yang sampai saat ini masih dijalankan.

"Pemberian beasiswa ini secara program sudah lama berjalan sampai saat ini. Bahkan untuk tahun ini, ada 4 penambahan sekolah penerima bantuan beasiswa berprestasi. Jika tahun lalu 12 sekolah penerima, untuk tahun ini ada 16 sekolah penerima. Semoga tahun berikutnya jumlah sekolah penerima bertambah lagi, amin”. Ucapnya.

Rasa syukur dan ucapan terima kasih disampaikan Asdar siswa kelas XI dari SMKN 1 Sarudu kepada PT. SRL 1 yang telah memberikan apresiasi berupa beasiswa dan piagam prestasi. “Saya Asdar dan mewakili teman-teman yang menerima beasiswa ini menyampaikan terima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 1 atas pemberian beasiswa dan piagam prestasi. Ini sangat bermanfaat untuk saya kedepannya, sekali lagi, terima kasih”. Ucapnya.

Di tempat yang berbeda, ucapan yang sama juga disampaikan Ir. Aris, kepala sekolah SMP Transmigrasi Karossa bahwa bantuan dan kepedulian PT. SRL 1 ke sekolahnya sudah berlangsung lama yakni sejak tahun 1997 sampai saat ini. “atas nama sekolah SMP Transmigrasi Karossa, saya menyampaikan terima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 1 atas bantuan beasiswa prestasi kepada anak didik saya dan bantuan honor guru kepada guru honorer.

Pemberian tunjangan guru honorer kepada sekolah kami sudah 3 kali periode. Artinya sudah 3 kali berganti yang pertama dan kedua sudah jadi PNS dan saat ini ada 2 orang. Kalau saya tidak salah mulai tahun 1997 dikasih bantuan sampai saat ini dan alhamdulillah lancar, sekali lagi terima kasih kepada perusahaan yang telah membantu kesejahteraan guru honor kami”. (E. Syam/*)


Editor : | BN Online | Dony