Senin, 14 Desember 2020

Sindikat Pemalsu Bibit Jagung di Cokok Polres Pasuruan

Tags

 


BN Online Pasuruan,--Bertempat dihalaman Mapolres Pasuruan. Minggu, (13/12/2020) pukul 10.30, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan. Melaksanakan konferensi pers di hadapan awak media, Mengungkap jaringan pemalsu bibit jagung unggul antar daerah, yang terjadi disalah satu kios di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Rabu, (04/11/20) pukul 14.00 WIB. 


"Terungkap, Bahwa jagung yang dipalsukan adalah bibit jagung merek BISI 18, Yang sudah terverifikasi  memiliki bibit unggul yang dapat menghasilkan pertanian jagung yang lebih baik dan memiliki harga jual Rp. 75.000/ Kg. Namun jagung yang dipalsukan adalah jagung biasa yang di pasaran dengan harga Rp.7000 hingga Rp. 8000/ Kg. Dengan kemasan BISI 18,  Dipasaran mereka menjualnya dengan harga yang lebih murah dari produk asli, dikisaran Rp. 45.000 / Kg," Ucap Rofiq sapaan akrab Kapolres Pasuruan.



Adapun tersangka pemalsu bibit unggul BISI 18 diantaranya, Ahmad Saeroji (36 Thn) asal Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Mohammad Shoqibul Izar (32 Thn) asal Desa Loceret, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, dan Indra Irawan (34 Thn) juga asal Nganjuk). dengan barang bukti 845 Karung bahan baku benih jagung berbagai macam merk.


"Jaringan sindikat ini masih dua orang  dalam pengejaran dan kami meminta untuk segera menyerahkan diri," Tegas Rofiq. 


Para tersangka ini dijerat dengan undang-undang berlapis tentang sistem budidaya tanaman, undang -undang tentang perlindungan konsumen dan undang - undang merek," Tutup Rofiq.




Hadir dalam kegiatan. Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K, S.H, M.H., Wakapolres Pasuruan Kompol Muhammad Harris, S.H. S.I.K. M.I.K., UPT PSBTPH Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Darlina Yuni Astuti (Pengawas Benih dan Tanaman), Pemegang Merk PT Bisi International Legal Eksternal ( Budi Herlambang), GM Marketing PT Bisi 18 (Tejo Iswoyo), Legal Internal (Purwo Widiyanto), Kasubbag Humas IPTU Gatot Subroto,S.H.,KBO Reskrim IPTU Kusmani, S.H., Kanit ll Ekonomi IPTU Samsul, S H., Kaurmin Reskrim IPDA Sunarti. (Tim)