Rabu, 02 Desember 2020

UPT SPF SDN Parinring Dan UPT SPF SDI Kajenjeng Makassar, Gelar Pelatihan Pemetaan Mutu Sekolah Sebagai Upaya Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

BN Online, Makassar --- Dua sekolah yakni, UPT SPF SDN Parinring Dan UPT SPF SDI Kajenjeng Kecamatan Manggala Kota Makassar belum lama ini menggelar kegiatan  Pelatihan Pemetaan Mutu Sekolah Sebagai Upaya Evaluasi Diri Sekolah (EDS).


Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 26-31Oktober 2020 ini dibuka langsung oleh pengawas Dra. Hj. Singara M, SI, selaku pemateri didampingi Hj .Hamsinah, Kepala UPT SPF SD Inpres Kajenjeng dan Kepala SD Negeri Parinring. Hj. Sukaerah untuk membahas, EDS, Supervisi Akademik dan PMP.


Pada Bidik Nasional, Rabu, (2020/12/02 ) Hj. Sukaerah, selaku Kepala UPT SPF SDN. Parinring menjelaskan terkait dengan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) ini adalah suatu proses evaluasi yang bersifat internal dengan melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.


"Jadi pelatihan ini untuk mengevaluasi agar kita bisa melihat apa kelebihan yang harus kita pertahankan dan kekurangan yang kita carikan solusi untuk memperbaikinya.  Makanya peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan hingga selesai," ucap Hj. Sukaerah.


Sementara itu, Hj. Hamsinah, Kepala UPT SPF SDI.Kajenjeng di hubungi Via WhatsAppnya juga Mengatakan, dlaksanakannya pelatihan ini merupakan wujud dalam peningkatan mutu pendidikan, dengan menjalankan proses pembelajaran yang di mulai dari perencanaan, penilaian serta pengembangan kegiatan. Rabu (2/12).


Kemudian kegiatan ini di laksanakan dengan tujuan untuk membantu para tenaga pendidik, dalam memonitoring pelaksanaan proses pembelajaran secara daring agar dapat berjalan baik dan sesuai dengan apa yang di harapkan.


"Jadi dengan adanya kegiatan ini, di harapkan dapat menjadi penambah wawasan dan kualitas dari para guru – guru guna mewujudkan pendidikan yang bermutu di masa pandemi Covid -19,". bebernya.


Selaku penanggung jawab di sekolah baik Hj.Sukaerah maupun Hj. Hamsiah berharap semoga kedepannya bisa mencapai SNP yang berkualitas.

Diketahui Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Supervisi Akademik, PMP dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: (1) Kepala Sekolah; (2) Wakil unsur guru; (3) Wakil Komite Sekolah; (4) Wakil orang tua siswa dan (4) Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing /verifikator. (Sy@h)