Kamis, 25 Maret 2021

SD Negeri Mangkura IV Berbenah Wujudkan Adiwiyata Nasional

Tags


BN Online Makassar, – Sekolah Dasar Negeri  (SDN) Mangkura IV kini tengah berbenah menuju sekolah Adiwiyata Nasional. Mulai dari pembenahan sarana seperti taman sekolah, pagar, fasilitas kebersihan, kolam, hingga perpustakaan tidak luput untuk diperbarui. Selain itu, guru dan siswa dilibatkan dalam struktur kepanitiaan Adiwiyata di sekolah.


Kepala UPT SPF SD Negeri Mangkura IV  Makassar, Damaris, S.Pd saat dibincangi, Kamis (25/3/2021) menjelaskan, pihaknya tengah melakukan pembenahan secara bertahap menyesuaikan anggaran sekolah, dengan target sekolah Adiwiyata Nasional.



“Pertama yang kita benahi soal lingkungan, kami sedang membuat kolam ikan, memperbaiki taman, kantin sekolah, serta penataan lingkungan lainnya serta penanaman karakter siswa berwawasan lingkungan,”ujar Damaris


Pihaknya sangat optimis target Adiwiyata Nasional ini dapat tercapai. Tentunya, lanjut Damaris untuk mewujudkan membutuhkan kerja keras, dan loyalitas bersama pegawai, guru, dan siswa dalam mengatasi kekurangan, maupun solusi menghadapi kendala yang ada. Imbuh Damaris, untuk sementara ini, pihaknya akan menggunakan kekuatan anggaran yang ada untuk mewujudkan Adiwiyata Nasional.


“Kami ingin menunjukkan kualitasnya dulu, baru meminta bantuan pihak lain. Karena dengan potensi yang kami miliki saat ini bisa dan mampu,”terang Damaris.


Lanjut Damaris lagi, berbagai trobosan dilakukan sekolah mulai dari pembuatan Ipal edukasi daur ulang air. Selain itu sampah organik menjadi pupuk untuk memenuhi keperluan sendiri, sedangkan sampah non organik didaur ulang menjadi kerajinan, dan bernilai ekonomis jika dijual. Kemudian, pembenahan pada sarana perpustakaan sekolah.


“Prinsipnya kami ingin membuat sekolah ini nyaman bagi guru, dan siswa. Sehingga menjadikan sekolah ini menjadi rumah kedua bagi mereka,”ujar Damaris.

(red)