Rabu, 18 Agustus 2021

Melalui Virtual Pemkab Bantaeng bekerjasama dengan KOMPAK dalam percepatan Kutabako dan Menggombal

Tags


BN Online Bantaeng,--FGD(Focus Group Discussion)melalui Zoom Meeting,Pemkab Bantaeng bekerjasama dengan KOMPAK,dalam percepatan kepemilikan akta kelahiran melalui Inovasi Kutabako(Kunjungan Tanpa Batas Koordukcapil).


Dukcapil "Menggombal" dan tim percepatan kepemilikan dokumen adminduk bagi masyarakat rentan adminduk dan kelompok khusus di Kab.Bantaeng,berlangsung hari ini Rabu 18 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2021.


Kegiatan ini dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bantaeng H.Hartawan Zainuddin SH,MH dan juga menampilkan Narasumber yakni Kadisdukcapil Bantaeng Drs.M.Ali Imran,MM dan Kadis Dikbud Bantaeng Drs.Muhammad Haris,M.Si.


Kegiatan FGD(Focus Group Discussion) yang diikuti sebanyak 42 orang peserta yang terdiri dari OPD,Puskapa,Kompak,Ketua Pengadilan Agama,Kepala Kemenag Bantaeng,BPS,Media,Puskesmas,Camat,lurah dan Kades secara Virtual.


Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bantaeng H.Hartawan Zainuddin,SH,MH yang mewakili Sekda Bantaeng,dalam sambutannya mengatakan,"Tujuan FGD ini adalah untuk mengetahui jalur mekanisme pendataan untuk penjangkauan kepemilikan akte lahir bagi masyarakat dan anak yang dilakukan oleh Koordukcapil,Disdukcapil,Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan".


Dan juga untuk menyepakati mekanisme alur Monitoring Kepemilikan akta lahir anak Usia 0 — 18 tahun melalui sistem pendataan yang sudah ada di OPD Terkait.


Selain itu, Kata Hartawan,juga untuk mengetahui data anak usia 0 — 18 yang perlu diupayakan agar memiliki akte Lahir melalui Jalur Sekolah.


Kita yang hadir dalam FGD ini tambah Hartawan,adalah,"Tim percepatan kepemilikan dokumen adminduk bagi masyarakat rentan, adminduk dan kelompok khusus berdasarkan surat keputusan Bupati Nomor 460/239/IV/2019 sebagai implementasi peraturan Bupati Bantaeng Nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan kepemilikan Dokumen Adminduk dan Kelompok khusus".Ucapnya.


Saya berharap agar kegiatan FGD yang diselenggarakan selama tiga hari ini,dapat menghasilkan kesepakatan pendekatan Inovasi Kutabako ,Dukcapil Menggombal dan tim percepatan kepemilikan Dokumen Adminduk bagi masyarakat Rentan Adminduk dan Kelompok Khusus di Kab.Bantaeng,untuk penjangkauan Kelompok Rentan dan Anak umur 0 — 5 tahun dan 0 — 18 tahun.


Dan ,juga diharapkan dapat menghasilkan komitmen untuk meningkatkan cakupan Kepemilikan KIA dan Akta Lahir ,serta inovasi KUTABAKO,Disdukcapil Menggombal dan Koordukcapil secara aktif dan Reguler memastikan kepemilikan dokumen qdminduk bagi masyarakat rentan dan anak.


"Agar kegiatan FGD ini,dapat melahirkan hasil yang maksimal,maka saya berharap seluruh partisipan mengikutinya dengan sungguh — sungguh disiplin dan aktif dalam kegiatan ini".tegasnya.


Ketua KOMPAK Kab.Bantaeng Baharuddin Solongi ,mengatakan," Output yang kita harapkan dari kegiatan ini adalah adanya kesepakatan /pendekatan Inovasi KUTABAKO,Dukcapil Menggombal dan tim percepatan kepemilikan dokumen adminduk bagi masyarakat rentan adminduk dan Kelompok Khusus di Kab.Bantaeng, untuk penjangkauan kelompok rentan dan anak umur 0 — 5 tahun dan 0 — 18 tahun".jelasnya.


Adanya peningkatan cakupan kepemilikan KIA dan akta lahir serta KUTABAKO,Disdukcapil Menggombal dan Koordukcapil secara aktif dan Reguler memastikan kepemilikan Dokumen Adminduk bagi masyarakat Rentan dan Anak.


Editor : Edhy BN