Selasa, 22 Maret 2022

LENTERA JIWA, Solusi Perkantoran Sehat di Bantaeng

Tags


BN Online Bantaeng, - Kegiatan Launching Inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng memunculkan LENTERA JIWA sebagai salah satu Inovasi untuk menjawab kebutuhan prasyarat perkantoran sehat dengan memastikan kondisi tubuh pegawai dalam kondisi fit dalam bekerja, Senin 21 Maret 2022 di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan.


Gedung Lantai dua, Lokasi launching inovasi ini merupakan gedung baru Dinas Kesehatan yang yang salah satu ruangan nya menghadirkan Layanan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan Napza di Perkantoran atau disingkat LENTERA JIWA.


Inovasi ini lahir sejak 2 tahun terakhir untuk memberikan rasa aman kepada pegawai lingkup pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan cara melakukan  skrining faktor risiko penyakit tidak menular, kesehatan jiwa dan napza di perkantoran sebagaimana diutarakan oleh dr. Armansyah, M.Kes, Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2) Dinas Kesehatan.


“Inovasi ini hadir sejak 2020 untuk menjawab kebutuhan pegawai dalam mengetahui kondisi kesehatan terkini, namun kurang memiliki waktu berkunjung ke sarana pelayanan kesehatan karena kesibukan pekerjaan di kantor masing-masing. Tim Lentera Jiwa kami, hadir mendatangi kantor-kantor dalam memeriksa status kesehatan para pegawai di berbagai OPD yang ada di Kabupaten Bantaeng,”  jelas Arman.


Kegiatan LENTERA JIWA ini juga memberikan daya dukung optimal dalam membawa Bantaeng meraih nilai tertinggi Tatanan Perkantoran dan Industri Sehat dalam perhelatan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 dimana Bantaeng berhasil meraih predikat Swasti Sabha Wistara, peringkat tertinggi dalam penilaian KKS tutur dr. Andi Ihsan, M.Kes, Kadis Kesehatan Kabupaten Bantaeng.


“Alhamdulillah, Akhir Maret Bapak Bupati Bantaeng diundang memaparkan materi terkait Perkantoran dan Industri Sehat dalam ajang Pameran dan Seminar Kabupaten dan Kota Sehat di Semarang karena meraih peringkat tertinggi dalam penilaian Tatanan Perkantoran dan Industri Sehat, yang salah satu poin pentingnya adalah hadirnya LENTERA JIWA dalam memastikan kesehatan pegawai,” tutur Ihsan.


“Selain LENTERA JIWA, Bupati Bantaeng, DR. H. Ilham Syah Azikin, M.Si., juga melaunching dua inovasi yang lain yakni KLIK BAIK (Klinik Inovasi Kesehatan Bantaeng yang Inspiratif dan Kolaboratif) dan GENDONG BERAS (Gerakan Donasi Ringankan Beban Iuran BPJS),” tambah Ihsan.


Editor: Edhy Bidik Nasional