Rabu, 04 Mei 2022

Tradisi ziarah kubur merupakan salah satu bentuk rutin dilakukan setiap tahunnya oleh orang muslim di hari raya idul Fitri lebaran.

Tags

Tradisi ziarah kubur merupakan salah satu bentuk rutin dilakukan setiap tahunnya oleh orang muslim di hari raya idul Fitri lebaran.
BN Online ; Bogor -Salah satunya dilakukan Ketua Forum Milenial Kabupaten Bogor Muhamad Janwar menurutnya, Alhamdulillah hari lebaran tahun ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi saya pribadi.

Pasalnya, lebaran tahun ini bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, terutama keluarga besar ALM H. Anwar meski tidak lengkap semua. Ucap anak muda tersebut saat ditemui wartawan disela sela waktunya saat dilokasi ALM ayahandanya

Menurutnya, "selain untuk mendoakan keluarga yang sudah meninggalkan lebih dulu, bahwa ini juga mengingatkan kita yang masih hidup akan kematian dan pasti berpulang menuju sang halik". Ucapnya 

Pria yang juga biasa dipanggil Bro Cawang inipun mengatakan, hal semacam ini juga menjadi wasilah sekaligus halal bi halal, saling memaafkan, hingga menjadi insan yang lebih baik lagi, layaknya bayi baru lahir ataupun kertas putih yang belum terkena noda.

Anak Muda sekaligus Pengamat Milenial Kabupaten Bogor tersebut menyampaikan, tentu ini juga momentum untuk merekatkan dan menguatkan kembali antar sesama keturunan saling mengenal.

Pengamat Milenial pun berharap, tradisi ini harus tetap dijaga dan dipertahankan dalam wadah kembali meraih kemenangan dalam bingkai kebersamaan. Pungkas pria yang juga aktivis Masyarakat Pejuang Bogor (MPB) (***)

Editor :  Riga Irawan Toni