Kamis, 07 Juli 2022

Alat Musik Tradisional di Gayo Lues dan Aceh Tenggara Dibahas Dalam Bincang Pusat Kajian Kebudayaan Gayo.

Tags

Alat Musik Tradisional di Gayo Lues dan Aceh Tenggara Dibahas Dalam Bincang Pusat Kajian Kebudayaan Gayo.
BN Online ; Aceh Tengah-Pusat Kajian Kebudayaan Gayo kembali melanjutkan perbincangan alat musik tradisional Gayo. “Sekarang, seri #2. Fokus ke Gayo Belang, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Sebelumnya, seri #1 lebih membahas alat-alat musik tradisional Gayo di Gayo Lut, Aceh Tengah dan Bener Meriah,” kata Yusradi Usman al-Gayoni, Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Kamis (7/7/2022). 

Dari Bincang Alat Musik Tradisional Gayo sebelumnya (4/7/2022), aku Yusradi, banyak informasi, bahan, dan masukan-masukan yang didapat terkait alat musik Gayo. “Itu baru alat-alat musik yang di Gayo Lut, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Belum lagi, daerah Gayo lainnya, seperti Gayo Deret (Linge), Gayo Belang (Gayo Lues dan Aceh Tenggara), Gayo Lokop/Serbejadi, dan Gayo Kalul (Aceh Tamiang). Tentu, makin banyak lagi sekiranya didalami lebih lanjut,” sebutnya. 

Oleh karena itu, sambungnya, digelar seri #2. “Alhasil, informasinya makin lengkap. Baru dibincangkan, mana alat musik yang asli Gayo, alat musik yang dari luar, dan yang diciptakan musisi-musisi Gayo. Setelah itu, baru didalami setiap alat musik yang ada di Gayo: sejarahnya, cara memainkannya. Kalau ada persamaan nama dan bentuk dengan daerah dan suku lainnya, bedanya di mana dan apa yang jadi ciri khas Gayo,” ujarnya. 

Bincang Alat Musik Tradisional Gayo Seri #2 digelar terbuka melalui Zoom Meeting, Jumat malam, tanggal 8 Juli 2022, mulai pukul 20:00-21:30 WIB, dengan pemateri Ketua Ikatan Seniman Gayo Lues Darwin Tengahna dan musisi Gayo Lues Irwansyah (Iwan Laskar Gayo Lues), dengan moderator Yusradi Usman al-Gayoni, dan Master of Ceremony (MC) Putri Khaila (siswi MTsN Negeri 1 Aceh Tengah), serta diikuti melalui tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/84788334925?pwd=RnZVaUdIYUVUUFZ4T0VzY0p1N0hBUT09, 
Meeting ID: 847 8833 4925, dan Passcode: 198799

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni