Jumat, 17 Maret 2023

Enam Destinasi Wisata Baru Makassar Siap dikelola, Pulau di Sangkarrang Salah Satunya.




BN Online Makassar 17 Maret 2023 -- Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata telah menetapkan enam lokasi yang akan dijadikan destinasi wisata baru di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai wisata Gastronomi.


"Tahun ini sudah layak dikelola dan siap dipublis bagi wisatawan yang sedang berada di Makassar untuk menikmati sejumlah objek wisata baru," sebut Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, Rabu. 


Enam wilayah destinasi baru tersebut masing-masing di Kampung Lakkang, Kecamatan Tallo. Kampung Budaya Baroko, di Kecamatan Panakukang. Kampung Rama, Kecamatan Panakukang. Bontorannu di Kecamatan Mariso. Landmark di Pulau Samalona, Dan Gasebo di Pulau Lae-lae, Kecamatan Sangkarrang. 


Destinasi untuk Kampung Lakkang untuk menuju kesana harus menggunakan perahu dengan mengelilingi pohon Mangrove yang tumbuh dipinggir sungai. Disana ada bunker berusia puluhan tahun milik Japan.      


Sedangkan di Kampung Budaya Paropo, adalah tempat bertumbuhnya budaya lokal khas Makassar. Kelompok seniman dan komunitas budaya hadir disana menjadikan lokasi itu sebagai wadah berekspresi. 


"Kalau Kampung Rama, disana ada 'Little Toraja' (mini Toraja) dan galeri tongkonan dibangun. Harapannya, Wisman datang ke Makassar bila tidak sempat ke Toraja, bisa mampir kesana sekaligus membeli suvenir di tempat tersebut," papar dia. 


Untuk Bottomarannu sesuai hasil Musrembang di Kecamatan Mariso, sepakat dijadikan destinasi baru kampung warna warni. Sedangkan di Pulau Samalona ada Landmark disana, begitupun di Pulau Lae-lae ada gasebo-gasebo sebagai tempat untuk menikmati pemandangan disana.


Destinasi tersebut, kata dia, hasil dari kajian Litbang Pemkot Makassar. Sebab, sebelumnya dilakukan penelitian tempat itu apakah layak dikembangkan salah satunya seperti Kampung Paropo, 


"Kami melihat itu ada peluang disana. Dan kampung budaya Paropo bisa 'dijual'. Disana ada kampung budaya dan kelompok seniman menjadi tempat mereka berekspresi,"ulas Kamelia.


Selain itu, tahun ini Kementerian Pariwisata telah menunjuk Makassar menjadi Kota Maritim dengan menjadikan destinasi wisata pulau. 


"Ada 12 pulau yang berada di Makasar akan kami benahi tahun ini dan tahun depan. Ini Keinginan dari kementerian, Gubenur dan Wali Kota untuk membuat kota bahari bagi wisatawan. Bagi wisatawan memiliki waktu singkat bisa ke Pulau Lae-lae dan Samalona, dan punya waktu banyak bisa keliling pulau,"tambahnya.  


Saat ditanyakan apakah enam destinasi baru di Makassar mendapat bantuan dari Kementerian Pariwisata, kata dia, belum sepenuhnya dan masih dalam proses promosi dan kerja sama bukan berbentuk dana tapi pada konsep dan pengembangan daerah tersebut.


Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah menyetujui enam daerah itu dijadikan destinasi wisata baru di Kota Makassar untuk bisa di datangi wisatawan domestik maupun manca negara. Bahkan ia menginisiasi daerah itu sebagai objek baru wisata gastonomi.(*)