Jumat, 17 Maret 2023

Pengujian Sampel Lumpur Tinja Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar

 


BN ONLINE MAKASSAR--Uji coba sampel lumpur tinja IPLT Nipa-Nipa ke operasional unit IPAL Losari, dilakukan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum.

Pengujian IPAL ini dilakukan oleh Tim Satker PPPW II Sulsel dan Tim IPLT BLUD PAL Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar.

Pengambilan sampel lumpur tinja IPLT Nipa Nipa tersebut dilaksanakan pada Jumat, 17 Maret 2023.

Hal ini dibenarkan Hamka Darwis kepada awak media. bahwa pengambilan Sampel tinja ini dari IPLT Nipa-nipa baru dikonversi melalui operasional unit IPAL Losari

“Jadi direncanakan intinya, yang pertama, kita ingin mengurangi dampak lingkungan setiap buangan. Artinya, industri, orang yang buang ke kali sembarangan. Jadi setiap pengolahan IPLT di Indonesia kita ingin usahakan pengolahannya sudah benar-benar layak atau sesuai baku mutu di kota Makassar ” ucapnya

Lanjut ia juga menjelaskan pihaknya sengaja melakukan penelitian memakai sampel ekstrem, yakni tinja. Menurutnya, ke depan akan dilakukan pengelolaan dengan air.

“Sekarang masih uji sampai benar-benar layak. Air ini sengaja kita ambil yang ekstrem orang lihatnya gini. Tapi sebenarnya kita mau lakukan pengelolaan untuk yang sudah ada air, tapi kita mau coba mesin ini ekstremnya bisa nggak, kalau ini bisa kenapa tidak,” sambungnya.

Sekedar informasi Proyek IPAL Losari yang diproyeksikan selesai tahun ini memiliki total 14.000 sambungan terpasang yang terbagi atas 8.400 sambungan sampah domestik dan 5.600 sambungan sampah komersial dengan kapasitas air limbah 16.000 meter.(**)