Rabu, 27 Maret 2024

Kegiatan Penguatan UKS di SD Inpres Mariso II Membekali "Dokter Kecil" Generasi Cerdas dan Sehat


BN Online | Makassar, 27 Maret 2024 - Puskesmas Pertiwi menggelar kegiatan penguatan dan pembekalan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Inpres Mariso II Kota Makassar pada tanggal 26 Maret 2024. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan ilmu dokter kecil serta meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik ini dihadiri oleh kepala sekolah, Eli Elliyani, S.Pd., M.Si, didampingi para guru, diantaranya Emmy Usman S.Pd, dan Alan Oktavianus T, S.Pd juga para siswa UPT SDI Mariso II,


Kepala sekolah, Eli Elliyani, S.Pd., M.Si, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. 


"Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat menjadi 'Dokter Kecil' yang bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan sekolah," ungkap Eli.


Ruang kelas UPT SPF SD Inpres Mariso II menjadi tempat berlangsungnya kegiatan yang dimulai pada pukul 08:45 hingga 10:00 WITA. Peserta kegiatan, yang terdiri dari guru dan siswa, diajak untuk memahami tugas dan kewajiban sebagai "Dokter Kecil" dengan melakukan langkah-langkah konkret seperti selalu bersikap dan berperilaku sehat, mengajak serta mendorong murid lainnya untuk menjalankan usaha kesehatan, dan membantu guru serta petugas kesehatan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di sekolah.


Selain itu, para siswa juga diharapkan dapat berperan aktif dalam kampanye kesehatan yang diselenggarakan di sekolah seperti pekan kebersihan, pekan penimbangan dan pengukuran tinggi badan, pekan gizi, pekan kesehatan gigi, pekan kesehatan mata, dan sebagainya. Mereka juga diamanahkan untuk melakukan piket kebersihan kelas sebagai bagian dari tanggung jawab mereka sebagai "Dokter Kecil".


Dengan demikian, melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda dapat tumbuh sebagai individu yang cerdas dan sehat serta turut berkontribusi dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar. (Andi Achy)


Editor: Dellate