Rabu, 06 Februari 2019

Dinpar Mamasa Gelar Pelatihan Kesenian


BN Online, Sulbar----Dinas Pariwisata mamasa Melalui Bidang Pengembangan Promosi Wisata Mamasa Rabu (6/2/19) bertempat di Aula Ramayana Hotel menggelar Pelatihan Pengembangan Kesenian Daerah. Pelatihan Tersebut Dihadiri oleh Kelompok sanggar Seni Sekabupaten Mamasa diantaranya SS. WAI SAPALELEAN, SS, KONDOSAPATA JAYA, SS. MAKARAMA, SS.TUSAN dll.  Topik yang disajikan dalam Pelatihan tersebut yakni "TATARIAS PENARI" dengan Menghadirkan Pemateri Tiga orang yakni Dea, Ica dan Rey.

Ketiga Pemateri ini memberikan materi seputar Tatarias Penari sehingga Kedepan Para Penari benar benar tampil mempesona dan Elegan. Pelatihan Kali ini diharapakan dapat diserap oleh peserta,sehingga Kedepan Sanggar sanggar tari di Mamasa benar benar tampil membawa nama Harum Mamasa. 

Pelatihan ini cukup diminati oleh Para Pererta.  Terbukti dalam pelatihan ini sekitar 70 peserta dari berbagai Sanggar Seni hadir mengikuti proses pelatihan Sampai Selesai.  Pentingnya Tatarias Penari ini dimaksudkan agar Pertunjukan Pertunjukan Tari diatas Panggung Sesuai Dengan Tema yang di Pertunjukkan.  Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Mamasa Agustina Toding Kepada Media Indonesia. 


Lebih lanjut Kadis Mengatakan, Rias Wajah Panggung merupakan rias wajah dengan penekanan efek efek tertentu seperti pada mata, hidung, bibir, dan Alis,agar ketika penari tampil diatas Pentas perhatian para Peminat tari tertuju wajah penari tersebut. Dalam pelatihan ini ada dua jenis Tata rias yang diperagakan yakni Prosthetic dan Strainght. Make-up. Prosthetic merupakan Tatarias untuk meniru karakter karakter lain dalam pertunjukan tari dan Theater. 

"Sedangkan Strainght Make-Up adalah jenis tatarias korektif yaitu tatarias yang dilakukan dengan tujuan menonjolkan Bagian Bagian wajah yang sempurna.  
Pelatihan ini dimaksudkan agar Mamasa Benar benar melahirkan Penari yang siap Tampil baik iven lokal maupun Iven Nasional bahkan Internasional. Kelompok Sanggar seni dan Anggotanya Merupakan Asset mamasa yang perlu dibina, sehingga kedepan Penari Penari Mamasa dapat Menghasilkan Dan Memberikan sesuatu yang berharga Untuk Mamasa," tegas Agustina Toding.,(Yuni).





Editor : | BN Online | Dny