Senin, 31 Agustus 2020

Program Studi Pendidikan Ners STIKES Muhammadiyah Sidrap Gelar Webinar Keperawatan Secara Virtual


BN Online, Sidrap--Webinar 6 seminar keperawatan program studi pendidikan Ners STIKES Muhammadiyah bekerjasama dengan DPK PPNI STIKES Muhammadiyah dan Rumah sakit Anugrah Kabupaten Sidenreng Rappang selenggarakan kegiatan seminar keperawatan dengan tema “Peran Perawat Komunitas Masyarakat Pedesaan dengan Penguatan Spritual pada Masa New Normal".Ahad (30/08/2020).

Dalam seminar keperawatan ini menghadirkan dua orang yang luar biasa sebagai narasumber, yang pertama Bapak Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep., Ns., M.Kes merupakan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Surakarta dan orang kedua Ns. Muhlis Katili, S.Kep merupakan Co – Founder dan Direktur PT Karya Medika Utama.

Dihadiri partisipan sejumlah   956 orang via Zoom dan Chanel Youtube dengan  sponsorship dalam kegiatan ini sebanyak 17 sponsor yang berasal dari berbagai usaha diantaranya Bola Bello, Fajar Holistic Care, Karya Marannu, Al Haris Holistic Care, Accunk46, Bouquet_Corner, elsyamboutique, Zaki's foody, Poch_Kitchen, Sidenreng Wound Care, Viola Studio Foto, MCTV, Media Online Kompak, Bidik Nasional, New Post, Buruh Tinta, LP2TK Indonesia

Kegiatan Berlangsung pada  pukul 08.30 - 12.00 wita, di Pandu oleh Master of Ceremony Ns. Sri Sakinah, M.Kep dan Moderator Ns. Sulaeman. M.Kep.

Adapun yang bertindak sebagai Ketua Panitia, Ns. Asnuddin, M.Kes, sampaikan kalau kegiatan Webinar 6 ini akan terus berlanjut dengan tema yang lebih menarik sesuai perkembangan isu keperawatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Ketua STIKES MUHAMMADIYAH Sidrap, drg. Bambang Roesmono, MM.

Dalam sambutan beliau sangat mengapresiasi kegiatan seminar keperawatan ini yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Ners dan apresiasi kepada kedua Narasumber yang sangat hebat.


Di acara ini Bapak Kaprodi Pendidikan Ners Ns. Sulkifli Nurdin, MM.Kes sampaikan pula dasar pelaksanaan kegiatan ini yakni mengingat kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu New Normal yang membolehkan masyarakat khususnya di pedesaan untuk beraktivitas kembali, maka perlu dilakukan intervensi dari lini sektor khususnya perawat komunitas dalam memberikan stimulus mengelola setiap aktivitas masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan memberikan spirit kepada masyarakat untuk tetap bisa produktif dalam masa pandemi ini.

Adapun tujuan dalam pelaksanaan webinar 6  Seminar Keperawatan Prodi Pendidikan Ners agar dapat meningkatkan pengetahuan penanganan, pencegahan dan solusi hidup sehat dengan penguatan spiritual di tengah pandemic Covid 19.

Acara ini diisi dua pemateri yang hebat, sebagai pemateri 1 oleh Dr. Abdul Aziz Alimul Hidayat,  S.Kep., Ns., M.Kes dalam pembahasannya materi yang disampaikan terkait Penguatan Keperawatan Komunitas Pedesaan pada Masa New Normal, dimana Peran Perawat Komunitas Dalam Era New Normal, yaitu Mengajarkan upaya-upaya peningkatan kesehatan (promosi kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19), dengan cara memperbaiki imunitas fisik, kesehatan jiwa, dan psikososial, seperti makanan bergizi, minum yang cukup, olahraga teratur minimal 30 menit sehari, berjemur di pagi hari, dan istirahat yang cukup.

"Imunitas kesehatan jiwa dan psikososial dapat diperoleh dengan fisik yang rileks, mengatur emosi yang positif, membangun pikiran yang positif, perilaku yang positif, relasi yang positif, dan spiritual yang positif. peran dalam pencegahan Covid-19 dilakukan melalui edukasi tentang physical distancing, cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan lain-lain,dengan menitikberatkan pada 5 fungsi kesehatan keluarga".Papar Dr. Abdul Aziz

Dan Pemateri Ke Dua oleh Bapak Ns. Muhlis Katili, S.Kep. membahas tentang Penguatan Spritual Pada Masa New Normal, bahwasahnya kita harus menyakini bahwa segala yang terjadi atas kehendak oleh ALLAH subahanahu wata’ala, maka kita harus memantaskan diri ini untuk taat dalam beribadah kepada ALLAH. Spiritualitas menjadikan semua ikhtiar sebagai warisan terbaik, Spritual menjadikan sesuatu menjadi sedemikian pentingnya untuk direalisasikan.

"Dengan Kekuatan Spritual melahirkan Ikhtiar terbaik, sikap tenang penuh kepasrahan, istiqomah dan tidak mudah menyerah".Pungkas Muhlis Katili

Dua materi yang sangat luar biasa dan menarik sekali yang disampaikan Keduanya, Semoga materi ini dapat mencerahkan pengetahuan kita terkait  Peran Perawat Komunitas Masyarakat Pedesaan dengan Penguatan Spritual pada Masa New Normal.(Ersan)


Editor : | BN Online | Dny