Jumat, 27 November 2020

Tim Kesehatan Puskesmas PKM Tamangapa, Makassar Vakisinasi Siswa UPT SPF SD Inpres Tamangapa

Tags

BN Online, Makassar --- Upaya Untuk mengantisipasi serta melindungi anak dari berbagai risiko penyakit di masa yang akan datang dan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kebal akan serangan kuman penyakit, baik itu bakteri, virus, jamur, parasit, dan lainnya diwajibkan melakukan imunisasi, vaksinasi. Hal inilah yang dilakukan oleh tim kesehatan PKM Puskesmas Tamangapa terhadap puluhan siswa SD Inpres Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar, Rabu, ( 2020/11/25  ).

Pantauan media ini terlihat petugas vaksinasi sebelum melakukan tugasnya terlebih dahulu memberikan arahan kepada para orang tua siswa bahwa betapa pentingnya untuk menjaga kekebalan tubuh dengan cara memberikan vaksin kepada anak. 

"Hal ini akan membantu sistem imun anak memproduksi antibodi khusus untuk melawan jenis-jenis penyakit tertentu. Vaksin mengandung kuman versi jinak atau nonaktif dari suatu kuman penyakit tertentu yang telah dilemahkan. Setelah masuk ke dalam tubuh, kuman jinak ini tidak akan menyebabkan penyakit tapi justru membiarkan sistem imun anak mengenali dan mengingatnya sebagai ancaman," terangnya.

Setelah itu, sistem imun akan membentuk antibodi yang secara spesifik akan bekerja melawan jenis kuman tersebut. Jika suatu saat nanti ada kuman yang aktif masuk ke dalam tubuh anak, sistem imunnya akan siap membunuhnya dengan antibodi khusus tersebut. "Maka hal inilah yang dapat membantu anak terlindungi dari berbagai macam penyakit berbahaya,"  bebernya.

Sementara itu, Kepala UPT SPF SD Inpres Tamangapa, H. Abdul Razak. S, Pd menjelaskan, pemberian imunisasi ini sangat penting bagi kekebalan imun tubuh siswa, apalagi situasi seperti saat ini, di mana virus Corona masih menjadi virus yang sangat mengancam keselamatan kita semua.

Untuk itu, H. Abl.Razak berharap agar orang tua siswa dapat mendorong anaknya agar ke sekolah untuk di berikan suntikan Imunisasi, "Upaya ini penting sebagai salah satu cara agar terhindar dari berbagai penyakit,". Tuturnya saat di hubungi Via WhathApp pribadinya, Rabu (25/11). (Sy@h)