Jumat, 17 Desember 2021

Bupati H. Hendy Terjun Langsung Ke Lokasi Korban Gempa Di Jember Selatan

Tags


 

BN Online, Jember-- Diguncang Gempa gempa bermagnitudo 5,1 skala ricther yang terjadi sekitar pukul 06.01 wib, Kamis (16/12/2021) pagi, menyebabkan 5 Kecamatan di Kabupaten Jember terdampak.


Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),  gempa  dengan magnitudo 5.1 yang mengguncang wilayah Jember Jawa Timur. Menurut laman BMKG, gempa tersebut berlangsung di titik koordinat 8,55 LS dan 113,49 BT. Adapun pusat gempa berada di jarak 42 km Barat Daya Jember, pada kedalaman 10 km. 


Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Penta Satria menjelaskan, terkait dampak gempa itu tersebar di wilayah Kecamatan Tempurejo, Ambulu, Wuluhan, Puger, dan Silo.


Dari pengumpulan data keterangan cepat kami, Ada 23 rumah rusak ringan, 6 rumah rusak sedang, dan 1 rumah rusak berat. Juga ada atap Balai Desa Wonoasri yang ambruk.


“Pengumpulan data dari dampak gempa terus kami lakukan. Ini belum final karena kita masih melakukan pendataan, ungkapnya.


Saat ini untuk korban ada 3 orang luka ringan, dan sudah tertangani. menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terkait musibah gempa yang ada di wilayah Kabupaten Jember.


“Karena terkait dampak gempa yang terjadi di Jember, BPBD Jember menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan langkah antisipasi dan siaga. Pasalnya gempa di Jember sudah terjadi kedua kalinya. Dalam jangka waktu yang berdekatan dan juga jarak titik lokasi gempa yang juga semakin dekat di sekitar daratan,” tutupnya.


Sementara itu, tampak Bupati Jember Hendy Siswanto, melakukan pemantauan langsung ke lokasi terdampak gempa. Disamping itu,  juga membawa bantuan logistik dan meninjau langsung rumah dan warga yang terdampak gempa.


“Untuk dampak gempa yang terjadi di Jember, kebanyakan di wilayah pesisir. Baik itu disekitar Pantai Watu Ulo, Kecamatan Ambulu, dan Kecamatan Tempurejo,” ucap Hendy saat meninjau ke lokasi gempa.


Akibat gempa tersebut, lanjut Hendy, banyak rumah warga yang mengalami kerusakan rumah. Ada yang retak rumahnya dan banyak atap-atap genteng rumah yang jatuh. Lokasi rumah terdampak hanya berjarak beberapa ratus meter dari bibir pantai.


“Kami menghimbau warga untuk tetap waspada, dan tetap siaga bencana. Seperti yang dilakukan warga di Kecamatan Ambulu tadi yang langsung menyelamatkan diri berlari ke perbukitan atau mencari tempat aman,” pungkasnya.


Reporter: Yonathan