Rabu, 09 November 2022

Kodim 0106/Aceh Tengah Gelar Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat.

Tags

Kodim 0106/Aceh Tengah Gelar Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat.
BN Online ; Takengon- Kodim 0106/Ateng gelar  Pembinaan rencana tataruang wilayah pertahanan darat tahun 2022, dengan tema " sinergitas pembinaan rencana tataruang wilayah pertahanan darat dengan rencana tataruang wilayah pemerintah daerah guna mewujudkan wilayah pertahanan darat ruang tangguh" Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW ) Pertahanan Darat ( Hanrat ), bertempat di Aula Makodim Jln. Sengeda, Kp. Bale Atu, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh tengah. (Rabu/11/22).

Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo  diwakili oleh Kasdim 0106/Aceh tengah Mayor Inf Peka Aswan, S.Or.,M.Pd.,AIFO, menyampaikan
Kegiatan sosial ini bertujuan untuk satuan komando kewilayahan, dalam melaksanakan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat diwilayah kodim 0106/Aceh tengah.

Pembinaan  RTRW untuk pertahanan darat pada tingkat kodim memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan di wilayah dan penjabaran dari RTRW pertahanan tingkat Kodam maupun pertahanan Nasional dan sekaligus digunakan sebagai pedoman bagi penyusunan RTRW pertahanan tingkat Kodim. 
sinkronisasi antar sektor yang memegang kebijakan pemanfaatan ruang menjadi suatu keharusan melalui pembahasan oleh pemangku kepentingan yaitu pemerintah daerah swasta dan masyarakat, dapat mewujudkan Binter TNI AD yang adaktif serta pertahanan darat yang tangguh.

dengan ada pengembangan UU RI  no 34 tahun 2004 tentang TNI salah satu tugas TNI ialah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan Nasional." Katanya".

Lebih lanjut, pada aplikasinya aparat satuan kewilayahan harus mampu mengenal dan menguasai karakteristik wilayah binaan dengan baik di semua bidang yaitu bidang geografi demografi dan kondisi sosial bila itu dikuasai sasaran dalam menyiapkan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis dapat tercapai dengan baik." Ungkapnya".

Dalam acara tersebut tampak hadir Kasdim 0106/Aceh tengah Mayor Inf Peka Aswan, S.Or.,M.Pd.,AIFO,  BPS Aceh tengah Ibu Kusno rohani, DPUPR Ibu Dita Ayu Rizki, Ka BPS Dr Nuri rosmika, SST, M, Si, . Pasi ter 0106/Aceh tengah Kapten Inf Bambang Suhartono, Para Batuud Koramil kodim 0106/Aceh tengah dan Perwakilan Babinsa Kofom 0106/Ateng.

Editor : Riga Irawan Toni