Jumat, 03 Desember 2021

Lembaga Penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Prov.Sulawesi Utara Berkunjung di SD Inpres Antang I Makassar

 Jum'at, 2021/12/03 11:10 WITA

BN Online,Makassar ----  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov.Sulawesi Utara belum lama ini melaksanakan kunjungan kerja di SD Inpres Antang I Kecamatan Manggala Kota  Makassar, Senin (29/11/2021).


Pada Media ini, Via WhatsApp. Kepala UTP SPF SDI. Antang 1, H. Rosmiati. S,Pd. M. Pd menjelaskan, dalam kunjungan tersebut terkait agenda patok banding (Banchmarking) dalam rangka penguatan implementasi program sekolah penggerak di Provinsi Sulawesi utara.


Nampak rombongan yang hadir dalam kegiatan ini adalah Wijayati sebagai Widyaprada LPMP SUL-UT, Nurhana Wigiasih, Luran Sumaila, sebagai PTT LPMP SUL-UT, Nice Singat Sebagai pengolah data LPMP SUL-UT dan Ishak sebagai pendamping dari staf LPMP SUL-SEL. 


Menurutnya, kunjungan ini dilaksanakan untuk mengetahui praktik baik apa saja yang telah dilakukan di SD Inpres Antang I Makassar sebagai salah satu sekolah yang lulus program sekolah penggerak Kemdikbud. Adapun praktik baik yang dimaksud adalah sejauh mana pengimplementasian kurikulum paradigma baru, modul ajar, projek profil pelajar pancasila, kemitraan yang telah dibangun sekolah serta harapan-harapan SD Inpres Antang I Makassar dalam program sekolah penggerak yang telah berjalan.


Kemudian, rombongan tersebut menemukan bahwa kurikulum paradigma baru telah disusun dan dilaksanakan di SD Inpres Antang I Makassar. Proses penyusunan tersebut melibatkan Dinas Pendidikan Kota Makassar, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, komite dan siswa. "Modul ajar pada kurikulum paradigma baru adalah sebagai penyempurnaan dari RPP pada kurikulum 2013,". Imbuhnya 


Selain itu, di SD Inpres Antang I Makassar juga telah dilakukan pengembangan diantaranya, Modul ajar PAI, PPKN, Bahasa Indonesua, Seni, PJOK, IPA, Dan Matematika.


Namun demikian, dalam penyusunannya masih terdapat beberapa kesulitan namun SDI. Antang 1 makassar tetap berusaha dengan maksimal dan terus berkonsultasi dengan pelatih ahlinya. Projek profil pelajaran pancasila pun demikian telah dikembangkan dan mengambil tema “Perubahan Iklim Global”. Pengembangan ini menyesuaikan dengan kondisi sekolah dan kondisi lingkungan sekolah. 

Untuk mewujudkan semua program sekolah, Lanjut Hj. Rosmiati jelaskan lebih dalam, sejauh ini kami telah membangun kemitraan dengan unit pengelola sampah, pedagang yang ada di sekitar sekolah, pasar, pemerintah daerah (kelurahan, kecamatan), polsek, puskesmas, DLH Kota Makassar, DLH provinsi sul- sel, JAICA, Orang tua siswa dan lain-lain. 


"Alhamdulillah, Rombongan LPMP SUL-UT mengapresiasi usaha SD Inpres Antang I Makassar, dalam mengimplementasikan kurikulum paradigma baru tersebut, dan dalam kunjungan tersebut selaku kepala SD Inpres Antang I Makassar tak lupa berterima kasih atas kedatangan LPMP SUL-UT untuk saling membagi ilmu tentang kurikulum paradigma baru di sekolah," tutup. Hj. Rosmiati, S.Pd.,M.Pd.