Minggu, 19 Desember 2021

Penerima PKH Kabupaten Jember Keluhkan Mengenai Pencairan Dana

Tags



BN Online, Jember-- Bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dicairkan 4 tahap.Seperti diketahui, saat ini bansos PKH sudah memasuki tahap IV.Bansos PKH diberikan bagi keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sesuai kategori penerima PKH menurut Kementerian Sosial (Kemensos). 


Nominal bansos PKH telah di atur oleh kemensos RI sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat mulai dari Rp 900.000 hingga Rp. 3.000.000 pertahun. 


Di beberapa kecamatan di kabupaten Jember masih di temui kendala di masyarakat mengenai pencairan PKH. Salah satu temuan dari Relawan Militan Jember ( RMJ) di wilayah kecamatan kalisat desa glagahwero di dapati sejak bulan Januari sampai bulan Desember hanya menerima uang senilai Rp. 350.000.


"Saya hanya menerima bansos PKH sekali pada bulan 6 kemarin senilan Rp. 375.000.Setelah itu kami check pada bulan Desember ini saldonya kosong. Setelah saya print out di bank Mandiri, ternyata ada pengambilan pada bulan September senilai Rp.350.000,akan tetapi saya tidak pernah merasa mengambil uang pada bulan September" Terang penerima PKH ibu Jubailah kepada wartawan bidiknasional.com.(18/12/2021) 


Mendengar hal itu, wartawan Bidiknasional langsung konfirmasi kepada pihak mandiri mengenai keluhan tersebut. 


"Penerima PKH a/n Jubailah sudah melakukan penarikan lewat ATM terakhir pada bulan September tahun 2021.Jika pihak penerima PKH tidak merasa mengambil silahkan mengajukan pengecheckan CCTV supaya di ketahui siapa yang mengambil dana bantuan PKH tersebut" Ungkap Desy rahma PIC bansos dari pihak bank mandiri. (18/12/2021) 


"Mengenai saldo yang kosong, kami pihak mandiri cabang Jember tidak bisa memberi jawaban mengenai hal tersebut karena itu kewenangan Kemensos RI dan bank mandiri pusat yang berada di Jakarta.Mandiri cabang jember hanya penditribusian kartu PKH saja, masalah isi/dana dari kartu PKH tersebut pihak mandiri cabang Jember bukan tupoksinya untuk mendistribusikan keuangan di satu persatu ATM bansos PKH"tambah Desy rahma PIC Bansos bank Mandiri. 


Reporter: Yonathan