Rabu, 19 Januari 2022

Puskesmas Tabaringan dan Rappokalling Kolaborasi Lakukan GeNose di SD Inpres Baraya 1 Makassar


BN Online, Makassar--Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Puskesmas Tabaringan berkolaborasi dengan Puskesmas Rappokalling Makassar melakukan sampling screening Covid-19 dengan alat GeNose C19 di SD Inpres Baraya 1, Kelurahan Lembo,  Kecamatan Tallo, Rabu (19/01/2022).



Sebelum dilakukannya penggunaan GeNose C19 oleh siswa SD Inpres Baraya 1, Kepala UPT SPF SD Inpres Baraya 1, Hj.A. Jahidah S.Ag., M.Pd.i mempraktekan tata cara penggunaan alat GeNose C19 kepada siswa dan guru kelas di sekolah itu. 



Kepala UPT SPF SD Inpres Baraya 1, Hj.Andi Jahida  mengatakan penggunaan alat GeNose C19 diikuti sebanyak -+500 siswa(i) dan  29 guru berlangsung selama tiga hari, sekitar 98% siswa dan guru mengikuti GeNose, tidak hanya dilakukan di SD Inpres Baraya 1 saja, namun juga telah dilakukan di sekolah lainnya yang tersebar di kota Makassar. 


“Dilakukannya screening Covid-19 oleh siswa(i) dengan GeNose C19 ini bertujuan agar peserta didik dan guru di sekolah bisa mendeteksi awal penularan virus Covid-19 sedini mungkin, karena dengan cara kerja GeNose ini sangat cepat dan hanya tiga menit saja hasilnya sudah keluar dan sekitar 95 persen akurat. Sehingga jika ada siswa maupun guru yang hasilnya terindikasi positif Covid-19 maka akan langsung dilakukan perawatan di puskesmas terdekat yang ada di masing-masing sekolah,” tuturnya saat mempraktekan penggunaan GeNose C19 kepada siswa SD Inpres Baraya 1 di ruang kelas.


Selama PTM, dirinya meminta kepada semua guru dan orangtua siswa untuk memperhatikan protokol kesehatan siswanya. Jika ada murid yang tidak membawa/memakai masker, pihak sekolah harus menyediakan dan memberikan masker kepada peserta didiknya dan jangan dibiarkan tidak memakai masker.


“Jika terdapat satu diantara murid maupun guru yang terpapar Covid-19 maka jajaran di SD Inpres Baraya 1 Makassar untuk dapat memperhatikan hal itu dan pihak Sekolah bersama Puskesmas melakukan koordinasi untuk tetap memantau dimasing-masing siswa(i) demi keamanan dan keselamatan bersama agar selalu terjaga dan terhindar dari virus Covid-19,"ujarnya.


Red.