Minggu, 27 Maret 2022

Dekranasda Kab. Bener Meriah Tampilkan Beragam Produk Unggulan IKM Pada Pameran Kerajinan Inacraft Tahun 2022

Tags

Dekranasda Kab. Bener Meriah Tampilkan Beragam Produk Unggulan IKM Pada Pameran Kerajinan Inacraft Tahun 2022
BN Online ; BENER MERIAH – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bener Meriah ikut serta dalam the 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022. Inacraft merupakan ajang pameran kerajinan terbesar di Asia tenggara yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 yang lalu di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

“Ada 5 (lima) Industri Kecil Menenga (IKM) dari Kabupaten Bener Meriah yang kita ikut sertakan dalam pameran Inacraft Tahun 2022 ini dengan memamerkan beragam produk kerajinan seperti Kerawang Gayo, green baen coffee, kopi olahan dengan bermacam varian, souvenir khas gayo, berbagai hiasan dan kerajinan lainnya”.

Demikian disampaikan oleh Ketua Harian Dekranasda sekaligus Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah Abdul Kadir, ST, M.Si di hari terkahir pegelaran tersebut, Minggu, 27/3/2022 melalui pesan singkat whatsapp kepada Diskominfo Kabupaten Bener Meriah.

Menurut Abdul Kadir, ST, M.Si , semua produk IKM dari Bener Meriah yang ditampilkan dalam pameran ini semua adalah produk unggulan, Kerawang Gayo, kopi Arabika Gayo yang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Khusus untuk  produk batik kerawang Gayo dan kopi Arabika, kita akan bisa bersaing dipasar global, tentunya kita harus memiliki desain yang menarik dengan ciri khas dan inovatif. Dengan tidak meninggalkan  kearifan lokal utamanya dari Kabupaten Bener Meriah, insyaallah kita bisa menjadi potensi budaya di Indonesia yang  berorientasi kepada permintaan pasar, ujarnya.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Bener Meriah Nikmah, S.Sy dalam keterangannya yang diterima oleh Diskominfo Kabupaten Bener Meriah menjelaskan, pameran kerajinan ini, (Inacraft) Tahun 2022,  Stand Kabupaten Bener Meriah termasuk salah satu stand yang banyak diminati oleh pengunjung terutama produk Kopi dan kerajinan kerawang Gayo, ujarnya.

“Di pameran Inacraft 2022 ini, kita menampilkan semua karya terbaik yang kita punya, dari sekian banyak yang kita pamerkan, Kopi Gayo dan kain batik motif kerawang gayo itu yang paling diminati oleh pengunjung,” tegas Nikmah, S.Sy.

Disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Bener Meriah, kedepan Dekranasda Bener Meriah akan melakukan konsep penyuluhan yang lebih mengarah dan detail serta memberikan pendampingan untuk  menghasilkan output yang dapat dirasakan oleh pelaku IKM dan masyarakat Bener Meriah secara keseluruhan,”tambahnya.

“Apa yang kita lihat dan kita saksikan dari pemeran ini, harus ada hasil atau ilmu yang kita bawa ke Bener Meriah, yang nantinya akan kita tularkan kepada para IKM kita, agar bisa berbicara banyak dalam event – event baik ditingkat lokal, nasional bahkan internasional,” tegasnya.

Terakhir disampaikannya, Bapak Presiden dalam pidato pembukaanya juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk kerajinan dalam negeri, yang dapat mendukung pengembangan para perajin, terutama para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk, memajukan para perajin kita, memajukan UMKM kita, tutup Nikmah, S.Sy mengutip pernyataan Presiden RI.

Sedangkan Kepala Bank Aceh Cabang Bener Meriah Zaki yang didampingi oleh Kasie Umum Syukra mengatakan, Bank Aceh sangat mendukung acara ini (Inacraft) yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian sekaligus pengembangan ekonomi kreatif masyarakat melalui IKM dan UMKM berbasis digital khususnya dala wailayah Kabupaten Bener Meriah.

Sejaka dibuka tanggal 23 Maret sampai penutupan tanggal 27 Maret 2022, Stand Pameran Kabupaten Bener Meriah membukukan penjualan sebesar Rp 30 juta di ajang Pameran Kerajinan Inacraft 2022, yang dilakukan via debit maupun cash.

Sekedar informasi, setelah dua tahun vakum akibat pandemi, Inacraft kembali digelar pada tahun 2022 ini. Pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara tersebut diikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan 

Penulis :  (Kiki)
Editor   : Riga Irawan Toni