Rabu, 06 April 2022

Harga minyak goreng mahal, mahasiswa KKN IAIN Takengon, Kampung Owaq mengembangkan produk minyak kelapa pengganti minyak sawit

Tags

Harga minyak goreng mahal, mahasiswa KKN IAIN Takengon, Kampung Owaq mengembangkan produk minyak kelapa pengganti minyak sawit
BN Online ; Owaq (04/04/2022), kegiatan KKN IAIN Takengon sudah berlangsung selama 26 hari di desa Owaq, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan KKN ini mengusung tema "Membangun Desa dan Keshalihan Umat Beragama" dengan salah satu program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan.

        Mahasiswa KKN IAIN Takengon desa Owaq, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah membuat salah satu produk dengan bahan alami yang didapat dari potensi alam desa Owaq yaitu buah kelapa. Buah kelapa dijadikan minyak yang bahan dasarnya sendiri dari daging kelapa tersebut. Pembuatan minyak kelapa ini di dasari karena tingginya harga pasar minyak goreng, melihat banyaknya potensi buah kelapa di Desa Owaq maka Mahasiswa KKN IAIN Takengon berinisiatif membuat minyak kelapa, dimana dalam pembuatannya mahasiswa KKN bekerjasama dengan ibu-ibu masyarakat desa. 

     Selanjutnya diharapkan agar masyarakat kedepannya dapat memanfaatkan potensi yang ada, dengan begitu minyak kelapa dapat di perjual belikan serta dapat meningkatkan nilai jual kelapa serta menambah inovasi produk terbaru dengan bahan santan kelapa. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan nilai buah kelapa yang terdapat di desa Owaq dan menjadi salah satu cara meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan potensi alam yang ada.

       Tujuan dari program kerja ini yaitu untuk menambah variasi produk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan juga menambah wawasan mengenai produk dari bahan baku santan kelapa kepada masyarakat di desa Owaq, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.

Penulis : Aharuddin
Editor   : Riga Irawan Toni