Rabu, 14 September 2022

Bermodal Sedekah Dan Beternak, Dua Lansia Ini Jadi Sosok Inspiratif Kp. Sidodadi

Tags

Bermodal Sedekah Dan Beternak, Dua Lansia Ini Jadi Sosok Inspiratif Kp. Sidodadi
BN Online ; Redelong : Pj. Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si mengunjungi kediaman M. Sayuti (77) dan Lasiem (70) di Kampung Sidodadi, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah. Kamis sore (13/09/22)

Pasangan lansia ini kerap kali menjadi bahan perbincangan warga sekitar lantaran semangat juangnya di usia yang tidak lagi muda.

Pj. Bupati Haili Yoga menyampaikan kebanggaannya kepada dua sejoli ini, terlihat dari kondisi di lapangan dimana pasangan ini masih aktif memelihara area pekarangan rumahnya yang disulap menjadi lahan untuk bertani dan beternak sebagai sumber mata pencahariannya sehari-hari.

"Nah ini yang harus kita contoh, yang tua saja masih kuat dan semangat, harusnya kita-kita yang muda ini harus lebih inspiratif" ucapnya saat dijamu oleh pasangan lansia tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Lasiem (70) minta doa terkait keberangkatannya ke Tanah Suci dalam rangka melaksanakan ibadah Umroh untuk yang kedua kalinya.
Diketahui sebelumnya bahwa pasangan kakek nenek ini sudah menunaikan ibadah Haji dan dua kali menunaikan ibadah Umroh. Dirinya menyebutkan, keberangkatannya ini tidak lain dan tidak bukan atas izin Allah yang mempermudah rezekinya selama puluhan tahun ini.

"Saya punya jipang, jagung, cabai, terong, kacang tanah, kambing dan ayam.Jadi setiap panen itu pak Bupati, misalnya ada Rp 10.000, Rp 1.000 nya saya tabung, dan Rp 9.000 nya lagi kami pakai untuk makan dan bersedekah. Kalau ada rezeki lebih lagi, kami berikan yang lebih juga kepada anak yatim atau yang membutuhkan. Dan ini adalah balasan Allah, kami bisa menunaikan ibadah Haji dan Umroh". Ucap Lasiem kepada Pj. Bupati Bener Meriah tersebut.

Di usianya yang tidak lagi muda, terlihat sepasang lansia yang memiliki 7 orang anak ini masih menjalin hubungan sebagai sepasang suami istri yang sangat akur. Terlihat dari kecemburuan para rombongan dari Jajaran Pemerintah Daerah yang turut mendampingi Pj. Bupati kala itu bahkan sampai menanyai kondisi hubungan sepasang lansia ini.

"Intinya, kalau suami marah, ya kita istri harus ngalah, harus banyak diam, harus sabar. Karena yang dibutuhkan suami kita itu cuma perhatian dan kehangatan, bukan justru melawan". Sambung Lasiem.

Di akhir kunjungannya, Pj. Bupati Haili Yoga berharap Bapak M. Sayuti (77) dan Ibu Lasiem (70) ini dapat memotivasi dan menjadi inspirasi bagi kalangan muda dan lapisan masyarakat mengingat dalam waktu dekat Kampung Sidodadi akan mewakili Bener Meriah dalam Penilaian Kampung Gammawar tahun 2022.

"Terima kasih sudah menyambut kami dengan baik. Nanti Tim dari Provinsi akan datang untuk menilai Kampung Sidodadi ini, saya harap Bapak Ibu bisa menjadi inspirator bagi seluruh masyarakat Bener Meriah, bahwa usia bukanlah penghalang kita untuk beraktifitas dan menciptakan ekonomi yang layak untuk kehidupan kita kedepannya". Tutup Haili Yoga. (Kiki)

Editor : Riga