Selasa, 01 Desember 2020

UPT SPF SD, Gugus 3 Kecamatan Tamalate Kota Makassar Sosialisasikan SPMI


BN Online, Makassar -- Dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah para guru yang tergabung didalan Gugus 3 Kecamatan Tamalate Kota Makassar belum lama ini mengikuti kegiatan pendampingan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) serta Sosialisasi Stop Pungli.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang kelas SD Inpres Mallengkeri 1 selaku tuan rumah, Selasa ( 2020/11/02 ).

Informasi yang diperoleh Bidik Nasional dalam kegiatan tersebut para peserta yang merupakan guru-guru yang tergabung di gugus 3 Wilayah Kecamatan Tamalate ini mendapatkan pendampingan langsung dari fasilitator Daerah Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel, yakni Dr.Thamrin Pogolori didampingi pengawas gugus, Hj. Winda Nadira, S.Sos, M.Si serta sejumlah Kepsek Gugus 3.

Kepala UPT DPF SD Inpres Mallengkeri 1, Dra. Hj. Darmawati sekaligus selaku ketua Gugus 3 saat dihubungi Via Ponselnya, Selasa (02/11/2020) siang menjelaskan, sistem pendidikan nasional yang menyatakan bahwa keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu. 

Sambungnya SPMI ini sejatinya untuk mencapai tujuan pendidikan yang bermutu dan bertarap nasional sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu, Standar Kompetensi Lulusan. Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan.

Selain itu, kami juga mensosialisasikan budaya gerakan anti pungli dan gratifikasi kemudian diteruskan  di ruang lingkup sekolah masing- masing.

"Ini penting agar senantiasa mawas diri untuk tidak mencoba coba melakukan tindakan atau kebijakan di luar dari aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah,". tegasnya.

Lanjutnya, atas peransertanya dari pihak LPMP sebagai Fasda, tentu kami sangat mengapresiasi sehingga kegiatan penjaminan mutu bisa terlaksana hingga selesai.

“Kepada pihak LPMP selaku Fasda mewakili gugus dalam pendampingan ini saya ucapkan terima kasih, sehingga kegiatan penjaminan mutu bisa terlaksana denga baik hingga selesai,” tandasnya.

Berikut nama- nama sekolah yang tergabung dalam gugus 3 Kecamatan Tamalate Kota Makassar: 
1.UPT SPF SD Inpres Mallengkeri 1
2.UPT SPF SD Inpres Mallengkeri 2
3.UPT SPF SD Inpres Bontomanai
4.UPT SPF SD Negeri Mnnuruki

(Sy@h...)