Rabu, 21 April 2021

Kepala SMAN 4 Makassar Ikuti Rakor Penguatan Program Kewirausahaan SMA Tingkat Provinsi di Hotel Lorin Sentul Bogor

Tags




BN Online, Makassar--Kepala SMAN 4 Makassar Ikuti Rapat kordinasi (rakor) Penguatan Program Kewirausahaan SMA Tingkat Provinsi di Hotel Lorin Sentul,  Bogor, 19 s.d 22 April 2021. Satuan Penddiikan tingkat SMA mengemban tugas untuk berperan aktif dalam mempersiapkan generasi agar mampu turut serta membangun negeri ini. Sebagaimana diketahui, kurikulum pendidikan untuk siswa SMA lebih dominan dipersiapkan untuk memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu masuk ke perguruan tinggi. Namun faktanya, berdasarkan data kementerian pendidikan dan kebudayaan, tercatat hanya sekitar 60% siswa lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehimgga terdapat sekitar 40 persen didik tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. 


Peserta didik yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi sebagian memilih untuk bekerja, salah satunya dibelakangi ketidakmampuansecara finansial. Hal ini tentu menjadi tamtangan tersendiri bagi bagi peserta didik lulusan SMA karwna mereka idealnya dipersiapkan sebagai input perguruan tinggi, terbatasnya jumlah kesempatan kerja dibandingkan pencari kerja.


Dengan terbatasnya penyerapan tenaga kerja oleh perusahaan, hal ini menjadi tanggapan bagi dunia pendidikan. Jika lulusan SMA hanya bisa berharap bisa bekerja di industri atau perusahaan swasta, mereka hanya bersaing ketat dengan siswa dari pendidikan menengah lainnya, yakni SMK. Sementara itu, siswa SMK telah dibekali kompetensi kerja yang lebih baik.



Sejalan dengan itu, kemampuan suatu bangsa untuk berkompetisi ditengah globalisasi dan inovasi teknologi yang tanpa henti, tergantung pada kualitas SDM. Dengan modal pembangunan SDM yang berpadanan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan dunia global, maka Indonesia akan siap menyongsong cita-cita kemerdekaan sebagai bangsa berkarakter bangsa dan cerdas, yang mampu bersaing dan bahkan berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia.


Saat di konfirmasi awak media ini, Selasa (20/04-2021), H. Syafruddin, S.Pd, M.Pd selaku kepala SMA Negeri 4 Makassar mengatakan, Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam pengembangan kewirausahaan di sekolah. Diharapkan siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat didorong berwirausaha.


Kami akan mampu mendidik para pelajar untuk mencari peluang menjadi wirausaha dengan berbagai kegiatan di sekolah.


Lanjutnya, pelajar SMA Negeri 4 Makassar akan kami tuntut untuk berperan aktif guna menciptakan usaha atas hasil kreasi dan pemikiran sendiri.


"Dan di sekolah kami nanti akan kami siapkan belajar tentang bisnis atau mengelola sebuah miniatur perusahaan," kata Kepala SMAN 4 Makassar H. Syafruddin.



Selain itu, H. Syafruddim menuturkan, dalam kegiatan program kewirausahaan tersebut pada siswa/i akan kami siapkan materi pembelajaran dunia usaha, mulai dari membuat perencanaan hingga memproduksi sebuah produk yang memiliki nilai yang diproduksi para pelajar nanti menjadi bukti kerativitas serta dapat  gagasan yang memiliki nilai ekonomi," tutupnya.


Kegiatan Koordinasi penguatan program kewirausahaan SMA ini selama 4 hari dilaksanakan pada hari  Senin s.d Kamis 19 s.d 22 April 2021, di Hotel Lorin Sentul, Bogor kawasan sirkuit Internasional sentul Babakan Madan-Bogor. Dan pelaksanaan koordinasi penguatan program kewirausahaan SMA ini dibiayai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Anak Dini, Pendidikan Dasar, dan pendidikan Menengahmenggunakan APBN 2021, melalui DIPA Direktorat SMA No. 023.02.419514/2020. 


Unsur yang berperan sebagai pengarah Direktur Jendral Pendidikan  Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.


Kegiatan ini, dihadiri dari Kemendikbud, Dinas Provinsi/KCD, pengawas SMA Provinsi, MKKS Provinsi, seluruh kepala SMA, kepala bidang SMA serta Korwas di 34 Provinsi Indonesia.