Rabu, 09 Juni 2021

Murid UPT SPF SDI Unggulan Toddopuli Makassar Ikut Lomba Bercerita (Bertutur) Babak Pengisihan "Laurang Manusia Ikan"



BN Online, Makassar--Satu murid UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar, Afifah Dwi Alifiah yang mengikuti Lomba Bercerita (Bertutur) babak pengisihan, dengan Judul "Laurang Manusia Ikan".


Lomba diadakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar, bertempat di Gedung PKK Kota Makassar, Selasa, 8 Juni 2021.


Sebelum berangkat ke tempat kegiatan, peserta berpamitan pada Kepala UPT SPF SD Inpres Unggulan, Toddopuli Dra.Hj. Harlina Haris, M.Pd Lomba diikuti 40 sekolah se-Kota Makassar.


Lomba Bercerita ini diadakan secara serentak dan terpadu yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang oleh Perpustakaan Nasional RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi dan Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Indonesia.


Dengan judul kegiatan Lomba Bercerita “Laurang Manusia Ikan" Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal”.



Saat dikonformasi awak media ini, Rabu (9/6-21), Dra. Hj. Harlina Haris, M. Pd selaku Kepsek mengatakan, tujuan lomba tersebut, yakni menumbuhkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.


"Seleksi tingkat kota ini nanti akan memutuskan pemenang yang akan mewakili Kota Makassar berlomba pada tingkat provinsi. Materi lomba harus bersumber dari buku cerita rakyat atau bertema budaya lokal," urainya.


Lanjutnya, cerita itu harus mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan, atau legenda yang membangun pendidikan karakter bangsa. Cerita mesti punya pesan moral seperti sikap nasionalisme, jujur, religius, peduli lingkungan, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta damai, bersahabat, toleransi dan senang belajar.


"Selama lomba, Afifah Dwi Alifiah didampingi oleh gurunya,. Selama persiapan, mereka berlatih di Perpustakaan Gerbang Ilmu SDI Unggulan Toddopuli di bawah bimbingan penggiat literasi kami," tuturnya.


Hj. Harlina Haris menambahkan, sejauh ini menjadikan perpustakaan SDI Toddopuli Unggulan, sebagai tempat kegiatan pengembangan minat bakat untuk mendekatkan dan membiasakan anak-anak dengan buku.


Selain itu, besok ada 10 sekolah yang ikut babak finalnya Lomba bercerita (bertutur) di hotel Continent pada jam 9, Kamis (10/6-21) di Jl. Adiyaksa Kota Makassar," tutup Hj. Harlina.