Rabu, 30 Juni 2021

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Ilham Azikin Canangkan Kampung Buah Bantaeng

Tags


BN Online Bantaeng, - Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengunjungi Desa Bonto Daeng, Kecamatan Ulu Ere, Rabu (30/6). Kunjungannya itu untuk menanam perdana bibit Alpukat Cipedak.


Alpukat Cipedak adalah varian alpukat yang terkenal dan pasarnya telah menyentuh mancanegara. Rasa buahnya gurih seperti keju atau mentega. Setiap pohonnya mampu memproduksi 100 hingga 120 buah setiap sekali musim panen. 


Seluas 20 hektare lahan di Desa Bonto Daeng ditanami bibit alpukat cipedak ini. Bibit ini disiapkan panen dalam kurun dua tahun ke depan. Sehingga, pada masa panen, Desa Bonto Daeng ini bakal menjadi kawasan kampung buah. 


Selain menyerahkan bibit alpukat, bupati bergelar doktor pemerintahan ini menyerahkan pupuk organik yang ramah lingkungan. Pupuk organik ini sudah terkomposisi sempurna dan siap untuk digunakan. 


Ketua Kelompok Tani Bunga Daeng, Syahrir mengaku bersyukur dengan adanya bibit alpukat varietas baru itu. Dia berharap produk buah alpukat itu dapat lebih baik dari varietas lain dan mampu menyejahterahkan petani.


"Ini bibit yang baru kami dapatkan di sini," kata dia. 


Selain itu, dia juga bersyukur dengan bantuan pupuk organik. Selain meminimalisir biaya produksi, pupuk organik juga mampu meningkatkan hasil panen serta menjaga kualitas tanah.


Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin berharap dengan pencanangan Kampung Buah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat pada sektor pertanian.


"Kita bersyukur, hari ini kita telah menanam alpukat varietas dan menyerahkan pupuk organik," kata dia.


Dia juga mengharapkan kepada Dinas Pertanian dan para penyuluh untuk senantiasa hadir mendampingi petani.


"Kita berharap kampung buah dan apukat Cipedak tidak hanya di Desa Bonto Daeng, tetapi mampu menjadi contoh dan dapat hadir di wilayah lain di kabupaten Bantaeng. Kalau bisa setiap desa ada kampung buahnya. Kita akan selalu support bibit dan pupuknya," kata dia. 


Editor : Edhy BN