Selasa, 19 Oktober 2021

Beri Wadah Kebebasan Berekspresi, Polda Sulsel Gelar Festival Mural Piala Kapolri 2021

Tags


BN Online Makassar,--Polda Sulsel akan menggelar festival atau lomba seni mural Piala Kapolri 2021, yang rencananya bakal diselenggarakan pada 30 Oktober 2021 di Jl Penghibur Makassar. Acara itu mengusung tema 'Peran Generasi Muda Untuk Berkreasi Dalam Menyampaikan Informasi Yang Positif di Masa Pandemi Covid-19'. 


Adapun pendaftaran lomba yang merebutkan Piala Kapolri tersebut telah dibuka pada 27 September hingga 21 Oktober ditingkat Polda dan 22 Oktober 2021 di Mabes Polri.


"Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan Festival/Lomba Mural yang bertajuk Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021, kegiatan ini digelar diseluruh Polda termasuk Polda Sulsel" kata Kabidhumas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan kepada wartawan, Makassar, Selasa (19/10).


E. Zulpan memaparkan maksud dan tujuan kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum ini adalah sebagai wadah bagi warga luas untuk berkarya dan berkreasi pada masa pandemi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme dan optimisme dikala Pandemi dengan melakukan kegiatan positif. 


"Menjadi wadah kebebasan berekspresi dan untuk menyalurkan ide melalui karya seni (mural) serta aspirasi dari masyarakat dalam menghadapi permasalahan masyarakat dalam berbagai sektor. Menjadi ajang apresiasi untuk para seniman mural di Indonesia untuk tetap berkarya pada masa pandemi," ujar E. Zulpan.


Terkait Bhayangkara mural festival piala Kapolri 2021 ini, kata E. Zulpan, tahapan kurasi pertama akan dilaksanakan pada 18-20 Oktober 2021 untuk memilih lima peserta terbaik tingkat Polda. Kemudian satu peserta terpilih akan berpartisipasi pada tingkat nasional atau Mabes Polri di Jakarta. 


Namun, bagi peserta yang tidak terpilih maka masih memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di Festival Mural Polda Sulsel. Selanjutnya, peserta terpilih akan menggambar langsung secara serentak tingkat nasional pada tanggal 30 Oktober 2021 yang akan dibuka secara resmi oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Adapun sub-tema yang menjadi panduan bagi para peserta untuk berkarya, peduli sesama dimasa Pandemi Covid-19, bersama menjalankan protokol kesehatan, Indonesia sehat dan kuat, bebas dari Covid-19, bersama menjaga Indonesia. 


Menurut E. Zulpan, bagi masyarakat yang akan mendaftar sebagai peserta wajib memenuhi beberapa persyaratan, yaitu memiliki karya yang sesuai dengan sub-tema, mengirimkan konsep mural dalam format PDF serta dimuat dalam satu ukuran maksimal 2500 pixel, rasio media adalah 2.44m x 3.66m, karya harus orisinal dan belum pernah dipublikasikan. 


Bagi pendaftar kelompok mencantumkan nama ketua dan anggota, dan mengumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan pada website www.tribratanews.polri.go.id. Pemenang dari perlombaan tersebut untuk Tingkat Mabes Polri akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp.30 juta untuk juara 1, Rp.15 juta juara 2 dan Rp. 10 juta bagi juara 3 serta masing-masing Rp.5 juta untuk tujuh peserta favorit.


Sedangkan tingkat Polda Sulsel mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 7,5 juta untuk juara 1, Rp. 5 juta juara 2 dan Rp. 3 juta bagi juara 3


"Ayo kreasikan ide positifmu dimasa Pandemi dengan mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme dan optimisme lewat seni mural pada Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021!" tutup E. Zulpan.( Edhy Bidik Nasional )