Sabtu, 30 Oktober 2021

Cegah Bullying Di Sekolah, UPT SPF SMPN 35 Makassar Gelar Bimtek Bersama Agen Perubahan



BN Online, Makassar -- Salah satu cara untuk memutus mata rantai bullying di sekolah adalah dengan memberikan pemahaman secara komprehensif kepada siswa dan guru tentang apa itu bullying dan dampak dari bullying itu sendiri.


Hal inilah yang sedang dilakukan UPT SPF SMPN 35 Makassar dengan menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) atau pelatihan agen perubahan anti Bullying (Stop Bullying) kepada guru dan siswanya, Jumat (29/10/2021).



Menurut Parenrengi, S.Pd., M.Pd., selaku kepala sekolah mengatakan, pelatihan atau Bimtek Roots Day yang dilaksanakan berupa psikoedukasi anti bullying.


Bimtek ini dilaksanakan di salah satu ruang kelas yang di mulai pada pukul 09.00 Wita pagi hingga selesai. Bimtek ini diikuti sekitar 30 peserta perwakilan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, ujarnya. 



Parenrengi, S.Pd., M.Pd., juga menjelaskan, Bimtek ini sangat penting dilaksanakan. Sebab, korban bullying biasanya akan mengalami dampak sakit secara fisik dan psikologis, menurunnya rasa kepercayaan diri, trauma, takut, cemas, dan merasa kesepian.


"Selanjutnya korban akan mengalami kemerosotan dalam belajar, memilih untuk mengasingkan diri, mengalami ketakutan sosial (social phobia) dan cenderung ingin membunuh diri."



Sebenarnya, Roots atau anti Bullying merupakan program global dengan fokus pada upaya pembangunan iklim yang aman di lingkup sekolah. Tentunya sasaran program ini adalah Kepala Sekolah, para guru, Komite Sekolah dan para siswa itu sendiri, jelasnya. 


Oleh sebab itu, Parenrengi, S.Pd., M.Pd., berharap, dengan adanya Bimtek ini diharapakan peserta mendapatkan wawasan mengenai bullying dan ketrampilan yang harus dimiliki untuk mencegah terjadinya bullying yang ada di lingkup sekolah, tutupnya.(ILHO)