Sabtu, 30 Oktober 2021

Setelah Sekian Lama Vacum, Pemuda Panca Marga Kab. Gowa Resmi Di Bentuk Kembali



BN Online, Gowa -- Pelantikan dan pengukuhan pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) Kab. Gowa harus menjadi sesuatu yang sakral bukan sekedar seremoni tanpa makna, Sabtu (30/10/2021).


Saat di temua awak media ini, bapak Ahmad Baso Dg. Tenreng menjelaskan, sejarah singkat lahir dan bangkitnya kembali Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Gowa Sulsel, seperti kita pahami bersama bahwa Pemuda Panca Marga terkhusus di Kab. Gowa pernah vacum sekitar dua puluh tahun lamanya karena faktor internal dan eksternal PPM.


Dari jeda waktu yang begitu lama membuat kami dari keluarga besar anak cucu veteran republik Indonesia Kab. Gowa membuat suatu wadah pemersatu yang secara resmi kami dirikan pada tanggal 20 September 2020 berdasarkan BAP dan organisasi tersebut kami beri nama "Aliansi anak cucu veteran RI Kab. Gowa" dengan formatur Mursalim Pattola Dg. Tola dan Ahmad Baso Dg. Tenreng.


Organisasi inilah yang menjadi cikal bakal bangkitnya kembali semangat anak cucu Veteran Republik Indonesia (RI) Kab.Gowa mencoba membangun kembali PPM yang terkesan mati suri, pungkasnya.


Dari rangkaian kegiatan dan musyawarah yang intensif kami lakukan akhirnya di sepakatilah kembali PPM Kab. Gowa. Kami sangat berterima kasih kepada bapak DANDIM Letkol Infanteri Prasetyo Wibowo, yang juga sebagai pembina utama PPM Kab. Gowa yang sangat mendukung kegiatan tersebut dengan memberikan fasilitas berupa aula Makodim Gowa dan beberapa personil untuk membantu mensukseskan acara kami, imbuhnya. 


Turut hadir pada acara pelantikan tersebut Ayahanda Ketua Macap LVRI, yang mewakili Raja Gowa Amiruddin Dg. Tanra, lembaga adat Karaeng Pattallassang, Ketua KNPI Gowa, FKPPI, LMP, Banteng Muda Indonesia, Ketua GPK Faisal Salahuddin, SE., Dg Marowa, Banteng Elang Komando, AMPG, KPS, pengurus PD. PPM Sulsel dan PC. PPM Makassar, Ahli waris dari Almr. Pattola Sibali ketua lipang bajeng (Mursalim Pattola Dg. Tola), Ahli waris Almr. Sapukala Mangembari Dg. Narang pengibar pertama bendera merah putih di bingung barania limbung pada tanggal 14 Agustus 1945, mantan ketua PPM Gowa HM Idham Idris dan Alamsyah Dg. Masse tokoh pemuda dari desa Panakkukang Kec. Pallangga.


Pada sambutan pertama Sekretaris PD PPM Sulsel DR. Muhammad Iqbal Samad suhaeb, SE. MT., menyampaikan, selamat dan sukses atas pelantikan pengurus PPM Kab. Gowa periode 2021 - 2026. Tantangan kedepan di harapkan pengurus mampu bersinergi dengan semua stakeholders yang ada, menelurkan ide - ide yang pro rakyat, membantu menjaga harkat dan martabat LVRI serta rela menjadi garda terdepan menjaga keutuhan NKRI sebagai bagian mempertahankan keamanan negara.


Dalam sambutan kedua ketua PC PPM Kab. Gowa, Abdul Rasyid COB Dg. Gappa mengharapkan, kepada pengurus meneladani sifat heroik patriot dan nasionalis religius dari para pejuang Kusuma bangsa mereka rela berkorban jiwa dan raga harta dan segalanya dengan satu tujuan mulia "Merdeka Atau Mati", tutupnya.(RZL)



Editor//BN Online//ILHO