Senin, 21 Maret 2022

Babinsa Sebagai Contoh Ajak Warga Menanam Cabe Varian Ori 212 Agar Jadi Petani Sejahtera.

Tags

Babinsa Sebagai Contoh Ajak Warga Menanam Cabe Varian Ori 212 Agar Jadi Petani Sejahtera.
BN Online ; Babinsa segene balik koramil 09/ketol kodim 0106/Ateng Serda Darwanto setelah pulang dinas dari desa ia merasa jenuh dirumah Awalnya Serda Darwanto mencoba menam Cabe di area rumah nya  yaitu, cabai rawit varian ori 212   kemudian ia berikan contoh kepada warga agar semua menyulap lahan kosong  jadi kebun cabai produktif yang hasilnya cukup memuaskan.
Senin(21/03/22).

Serda Darwanto menjelaskan awal mula ia tertarik menanam cabe varian ori 212.  memiliki hobi menanam , tapi hobinya ini terbentur lahan yang tak lagi tersedia di kota besar. ia lebih senang hudup di desa bersama masyarakat kemudian dia mendirikan bangunan untuk tempat tinggal.di desa segene balik kecamatan kute panang kab, Aceh Tengah.

Sampai pada suatu hari Serda Darwanto melihat  kebun tidak terawat  kerena pemilik kebun tersebut tinggal dikota. ahirnya darwanto coba menghubungi pemilik kebun untuk menyewakan kebun tersebut, kemudian disaping waktu dinas ke desa  ia mulai mengarap lahan dan menyemai bibit cabe varian ori 212  dia juga mengajak warganya yang tidak memiliki kerja tetap ahirnya dengan menyulap kebun menjadi bersih dan meletakkan plastik-plastik polibag mengelilingi area kebun dan mulai menanam cabai.
Berjalan 2 bulan sampai 3 bulan Pohon cabai tampak segar dan rimbun. Ternyata rahasianya adalah pemberian pupuk secara rutin, menjaga tanaman dari hama pengganggu 100 persen menggunakan pupuk  organik Tidak mengunakan bahan kimia.

Dengan cabe rawit  varian ori 212 masyarakat segene balik ini banyak terbantu mulai dari biayaya pengeluaran tidak banyak dan hasilnya memuaskan. "ucapnya"

Rasidin (42) selaku petani mengatakan terima kasih atas kehadiran babinsa Serda Darwanto ke desa segene balik ini yang telah membawa bibit cabe 121 atau yang di kenal di aceh tengah ini cabe nano, bayak menambah prekonomian masyarakat karena perawatan mudah dan massa panennya bisa sampai 15 kali dengan demikian pasti menguntungkan masyarakat" Ucapnya".

Editor ; Riga Irawan Toni