Kamis, 21 Juli 2022

Bincang Kekeberen PKKG,Niswati: Kekeberen Kuatkan Nilai Moral,Jadikan Anak Beradab.

Tags

Bincang Kekeberen PKKG,Niswati: Kekeberen Kuatkan Nilai Moral,Jadikan Anak Beradab.
BN Online ; Aceh Tengah-Kekeberen atau bercerita kepada anak dapat mendekatkan orang tua dengan anak. “Setelah seharian beraktivitas, anak-anak sekolah, orang tua juga kerja. Pulang ke rumah, anak-anak ada yang kursus dan ikut kegiatan sekolah lainnya. Setelah istirahat, orang tua juga masih disibukkan dengan pekerjaan domestik lainnya. Nyaris waktu bercengkrama dengan anak, kurang. Makanya, kegiatan kekeberen tadi, penting untuk mendekatkan orang tua dan anak. Biasanya, dilakukan sebelum tidur, selepas salat isa,” kata Niswati, guru MTsN 1 Aceh Tengah, kegiatan Bincang Kekeberen yang digelar Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Kamis (21/7/2022). 

Menurut Niswati, kekeberen juga bisa meningkatkan kreativitas orang tua dalam berkekeberen. “Kalau ceritanya itu-itu saja, anak-anak cepat bosan. Lebih-lebih, dengan aktivitas seharian di luar rumah. Otomatis, orang tua juga perlu membaca, belajar, sehingga makin memperkaya tema kekeberen. Termasuk, dalam penyampaian kekeberen, mesti kreatif. Biar anak tidak jenuh. Jadinya, anak malas mendengar orang tuanya bercerita,” sebut Niswati. 
Dilanjutkan ibu Azza Nurul Aida dan Suhaila Afrah, melalui kekeberen, dapat dikuatkan pendidikan agama, moral, adab, dan akhlak anak. “Bisa disisipkan melalui kekeberen-keberen yang disampaikan, sehingga anak-anak berabad, berakhlak, dan beragama. Karenanya, kekeberen ini penting,” pungkasnya. 

Ditambahkan Niswati, kekeberen juga bisa meningkatkan pengetahuan kegayoan anak. “Yang dikekeberkan ada juga cerita-cerita rakyat Gayo. Perbendaharaan kosa kata bahasa Gayonya, kemampuan bahasa Gayonya, juga pemahaman kebudayaannya juga meningkat. Bahkan, berisi sejarah dan sosial-budaya masyarakat Gayo. Otomatis, pemahaman kegayoan anak juga meningkatkan. Cerita-cerita rakyat Gayo tersebut juga sarat dengan nilai-nilai pendidikan, agama, dan moral,” tegas istri Makruf.  

Pusat Kajian Kebudayaan Gayo menggelar kegiatan bincang ke-23, dengan tema sastra lisan Gayo, dan fokus membincangkan kekeberen, diadakan pada hari Jumat malam (22/7/2022), mulai pukul 19:30 WIB, melalui Zoom Meeting, dengan narasumber peneliti kekeberen sekaligus dosen IAIN Takengon Dr. Asdiana, M.A., moderator Yusradi Usman al-Gayoni, dan MC Farhan Rezeki (alumnus SMA IT Fajar Hidayah Aceh). Bincang kekeberen ini bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/86519282917?pwd=cVhrUnVXell5Yi9pdWU4aExEbjdKQT09, Meeting ID: 865 1928 2917, dengan Passcode: 004473

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni