Selasa, 09 Agustus 2022

Bincang Sejarah Kebangkitan Perlawanan Linge, Camat Linge Win Akbar Lingga:"Orang Gayo Jadi Tahu Peristiwa Bersejarah di Serule 116 Tahun Lalu"

Tags

Bincang Sejarah Kebangkitan Perlawanan Linge, Camat Linge Win Akbar Lingga:"Orang Gayo Jadi Tahu Peristiwa Bersejarah di Serule  116  Tahun Lalu"
BN Online ; Aceh Tengah-Pusat Kajian Kebudayaan Gayo menyelenggarakan Bincang Sejarah Kebangkitan Perlawan Linge. 116 tahun lalu, tepatnya 9-10 Agustus 1916 di Dataran Tinggi Gayo, terjadi perang dua hari dua malam di Serule. Perang tersebut merupakan wujud kebangkitan perlawan Linge melawan kolonialis Belanda yang dipimpin Said Abdullah (Aman Nyerang), tokoh perempuan, ulama perempuan sekaligus perempuan pejuang, dan Pengulu Mungkur. 

"Bincang Sejarah Kebangkitan Perlawanan Linge yang diadakan Pusat Kajian Kebudayaan Gayo ini penting sekali. Melalui kegiatan ini, orang Gayo jadi tahu, ada peristiwa penting dan bersejarah, 116 tahun lalu di Gayo," kata Camat Linge, Win Akbar Lingga, Senin (8/8/2022).

Win Akbar Lingga meyakini banyak orang Gayo yang tidak tahu peristiwa bersejarah tersebut. "Kalau pun ada orang Gayo yang tahu, terbatas. Karena kurangnya alih pengetahuan tentang Gayo selama ini, selain kurangnya penelitian, penulisan, dan publikasi tentang Gayo. Literasi kita secara umum masih rendah. Mudah-mudahan makin banyak yang tahu melalui kegiatan bincang sejarah tadi, momentum tanggal 9-10 Agustus 2022 tadi juga tidak lewat begitu saja. Karenanya, kita mengapresiasi penyelenggaran kegiatan tadi," sebut Win Akbar Lingga. 
Lebih-lebih, sambung Win Akbar Lingga, momennya juga pas. "Pas timingnya, Agustus. Momen kemerdekaan Republik Indonesia. Mengingatkan kembali, bagaimana heroiknya perjuangan Ama, Awan, Datu, Empu, Munyang kita dulu dalam menghadapi Belanda dan Jepang. Tidak sebatas di Gayo dan pesisir Aceh, bahkan daerah lainnya di Sumatera " tuturnya. 

Apalagi, ungkap Win Akbar Lingga, direncanakan ada lawatan sejarah ke Serule. "Ini bagus sekali. Melalui penelusuran lebih lanjut ke lapangan, diharapkan bisa ditemukan lokasi perang tersebut. Ke depan, bisa jadi wisata sejarah, sehingga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kemajuan Serule dan daerah sekitarnya," katanya.  

Bincang Sejarah Kebangkitan Perlawan Linge merupakan kegiatan ke-26 Pusat Kajian Kebudayaan Gayo. Kegiatan ini akan digelar secara terbuka melalui Zoom Meeting pada Senin malam (8/8/2022), mulai pukul 19:30-21.00 WIB, dinarasumberi pemerhati sejarah Gayo sekaligus penelusur dokumen-dokumen Gayo yang tersimpan di Belanda, Zulfikar Ahmad dan dimoderatori Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Yusradi Usman al-Gayoni. Perbincangan ini bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/81742176424?pwd=c0NsaVpjV0FUVVlWdk1JbC8xNGxvQT09, Meeting ID: 817 4217 6424, dan Passcode: 406219

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni