Sabtu, 24 September 2022

Kepala Upt Spf Sdn Pongtiku 1 Makassar : Plaksanaan Penilaian Tengah Semester Berjalan Lancar !!

 


BN Online, Makassar-Pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester) merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara standar sekolah dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara standar sekolah pada mata pelajaran tertentu pada pelaksanaan kegiatan ini, Sabtu (24/09/22).


Kepala Upt Spf SD Negeri Pongtiku 1 Hj.Naslia, S.Pd. mengatakan, bahwa kegiatan penilaian tengah semester (PTS) bertujuan untuk melakukan penilaian mata pelajaran seni budaya dan seni tari dari pada kelas 5a.


"Ada empat (4) kelompok yang kami nilai dari seni tari, pertama kelompok tari manuk dadali, yang kedua kelompok seni tari Indologo, ketiga kelompok seni tari wonderlaind dan yang ke empat adalah kelompok seni tari badinding”ucapnya.


Menambahkan, tujuan dan fungsi penilaian tengah semester yaitu melakukan penilaian kinerja dan belajar siswa-siswi selama setengah semester. PTS biasanya dilaksanakan pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam satu semester, materi yang diujikan mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS memiliki beberapa fungsi dan tujuan.


Adapun itu, proses penilaian hasil belajar ini sebetulnya sama seperti yang dulu kita kenal sebagai ulangan tengah semester, hanya saja penilaian tengah semester dilaksanakan pada semester ganjil “imbuh Hj.Naslia.


Menurutnya, PTS itu merupakan fungsi untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran serta penilaian tengah semester ganjil. Mengetahui apakah materi yang sudah diberikan oleh guru setiap mata pelajaran selama setengah semester berlangsung pada kegiatan belajar mengajar sudah dipahami dengan baik atau belum.


Sebagai penutup, Hj.Naslia  berharap dengan adanya PTS siswa-siswi harus lebih giat lagi mengikuti proses belajar-mengajar, agar pencapaiannya dapat maksimal”tutup Hj Naslia.


Red