Sabtu, 01 April 2023

UPT SPF SDN Bawakaraeng I Rayakan Hari Kebudayaan Dengan Berbagai Kegiatan Peduli Lingkungan

Tags

 


BN Online, Makassar - Setiap tanggal 1 April merupakan hari kebudayaan yang telah menjadi agenda tahunan Pemkot Makassar dan dirayakan di Kota Makassar. sebagai wujud implementasi dari strategi pemajuan dan pelestarian kebudayaan yang telah disepakati oleh kongres Kebudayaan Indonesia dengan cara menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang Inklusif.




Peringatan hari kebudayaan kota Makassar di UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng I dilaksanankan dengan membuat beberapa kegiatan yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. 


Pada perayaan kali ini SD Negeri Bawakaraeng I mengusung tema “Pemanfaatan Barang Bekas untuk Daur Ulang dalam rangka Peduli Lingkungan”. 


Alphian Sahruddin selaku kepala SD Negeri Bawakaraeng I mengarahkan kepada setiap wali kelas untuk mendaur ulang aksesoris dari barang bekas sesuai dengan kreativitas masing-masing dengan tema budaya Nasional. Sehingga siswa tidak lagi menyewa pakaian adat karena mereka dapat membuatnya sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.


“Setiap kelas memiliki kegiatan yang berbeda-beda, seperti di kelas 2 guru berkolaborasi dengan siswa dan orangtuanya untuk membuat bando, kalung dan songkok,” ujar Alphian Sahruddin Kasek UPT SPF SDN Bawakaraeng kepada wartawan, Sabtu (1/4/2023) 


Ditambahkannya, sementara di kelas 5 membuat pesan-pesan tentang menjaga lingkungan dan keragaman budaya yang ditulis pada kertas hvs bekas dengan kreatif, lalu ditampilkan dan siswa lain juga bermain pianika membawakan lagu daerah,” ucapnya. 


“Semoga dalam kegiatan ini menjadi pembiasaan positif bagi warga sekolah untuk peduli lingkungan dengan pemanfaatan barang bekas,” ujar Alphian 


Lanjut kata Alphian Sahruddin, mari kita menjaga lingkungan dengan memulai dari hal-hal kecil dan dari diri kita sendiri, harapnya. (**)


Editor : Nasution