Senin, 01 April 2024

Peringatan Hari Kebudayaan di SD Negeri Mattoangin II Makassar


BN Online, Makassar 1 April 2024 – UPT SPF SD Negeri Mattoangin II Kota Makassar menggelar upacara peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar dengan penuh semangat. Acara yang berlangsung pada hari Senin ini dihadiri oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah. Dalam suasana yang meriah, para siswa mengenakan busana adat Nusantara, termasuk pakaian adat dari Sulawesi Selatan seperti Baju Bodo dan Songkok Guru.


Kepala sekolah, Ibu Salma, S.Pd, bersama para guru lainnya bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan ini. Saat dihubungi awak media secara terpisah, Ibu Salma menyatakan bahwa upacara ini bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan terhadap kekayaan budaya lokal dan nasional. 


"Kami ingin para siswa memahami dan mencintai budaya mereka sendiri sejak dini," ujarnya.


Dalam acara tersebut, berbagai pertunjukan seni turut memeriahkan suasana. Para siswa menampilkan tarian tradisional dan permainan daerah yang mengundang tepuk tangan meriah dari para hadirin. Acara ini juga menjadi ajang edukasi bagi siswa mengenai keragaman budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.


Peringatan Hari Kebudayaan ini sejalan dengan program pemerintah kota yang menggalakkan pelestarian budaya lokal di kalangan generasi muda. Kepala sekolah Ibu Salma, yang juga turut menghadiri upacara gabungan di Anjungan Pantai Losari, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah kepada para siswa.


Dengan semangat kebersamaan dan penghargaan terhadap keberagaman budaya, SD Negeri Mattoangin II berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun. Melalui upacara peringatan Hari Kebudayaan, sekolah berkomitmen untuk menanamkan nilai-nilai kebudayaan dan cinta tanah air kepada para generasi penerus bangsa. (Andi Achy)


Editor Dellate