Selasa, 04 Agustus 2020

Arahan Sekda Soppeng, Pada Saat Rakor Evaluasi Pelaksanaan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19

Tags


BN.Online, Soppeng---
Rapat koordinasi (RAKOR)dan evaluasi, pelaksanaan pendisiplinan protokol Kesehatan covid 19 di wilayah kabupaten soppeng, bertempat di Aula Makodim 1423 Soppeng, Rabu 4/8/2020.

Sekda Drs.H.A.Tenri Sessu,M.Si dalam arahannya menyapaikan bahwa, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan berkaitan dengan fenomena yang muncul saat ini.

Menurutnya walaupun kita melakukan pembatasan di perbatasan, penyemprotan dan sosialisasi baik yang dilakukan oleh pihak kepolisian atau pihak TNI, namun sekarang penyebarannya sudah cukup banyak,.maka fenomena yang muncul bukan lagi orang luar tapi kita sesama masyarakat Soppeng sendiri, sehingga ini merupakan suatu tantangan baru."ujar Sekda.

Oleh karena itu kedepannya yang perlu dilakukan adalah bagaimana pendisiplinan yang ada di Kab. Soppeng berjalan sesuai dengan protokol kesehatan terlebih terkait penggunaan masker.

Lanjut Sekda, dimana saat ini perlu diperketat pendisiplinanya di semua tempat karena itu adalah upaya yang paling bagus, untuk saat ini adalah pemakaian masker yang dipakai secara benar.

Sekda berharap mulai senin depan akan dilakukan pemantauan interen kesemua tempat kerja terutama dibawah naungan pemerintah daerah Kab.Soppeng khususnya kepada ASN, kami akan melakukan pendisiplinan masker termasuk juga jaga jarak."jelasnya.

Untuk persiapan pengembagan ruang isolasi itu sudah berjalan dalam waktu sesingkat-singkatnya dan pam swakarsa desa tetap berjalan, Desa /Kelurahan tetap melakukan pencatatan dan melaporkan kepemerintahan Desa/Kelurahan .

Berkaitan dengan gugus tugas, gugus tugas ini sudah berganti menjadi komite, dan berdasarkan pasal yang mengatakan bahwa Kab/Kota yang masih ingin melakukan/menerapkan gugus tugas maka dapat dilanjutkan.

Sementara itu, Kapolres Soppeng, AKBP Puji Saputro B.Laksono.S.ik,SH menyampaika dua hal yang harus menjadi perhatian bagi kita dalam masalah ini diantaranya :

1. lnformasi, informasi ini sangat penting dan harus diluruskan kepada masyarakat.

2.Kita harus satu persepsi dalam penangan covid 19 ini sehingga tidak ada perbedaan pendapat yang terjadi dilapangan, sehingga cara bertindak, bergerak dan tujuan kita sama.

Terkait masalah penggunaan masker, dimana kita sekarang dapat membudayakannya, ijika bisa masker dapat digunakan sebagai aksesoris, hal ini dilakukan supaya tertanam kesadaran yang tinggi di diri kita bahwa kita memakai masker untuk kebaikan diri kita dan masyarakat."ujar Kapolres.

Dandim b1423 Soppeng, Letkol Inf Richard M Butarbutar,S.Ap,M.Tr.(han) juga menyampaikan bahwa, pada hari ini 4 /8/2020 merupakan Rapat Evaluasi Gugus Tugas Covid-19, dimana hasil evaluasi terdapat 152 kasus, tapi diantara banyaknya kasus diketahui bahwa angka yang sembuh sangat tinggi yaitu sebanyak 91 oarang, dengan demikian ini mebuktikan bahwa kita telah bekerja, jadi jangan takut melihat angka karena kerja nyatalah yang lebih utama.

Sebagaimana disampaikan oleh Presiden RI bahwa Gugus tugas telah diganti menjadi Komite, tapi untuk Kab. Soppeng kami masih menggunakan gugus tugas karena pada dasarnya organisasi tetaplah organisasi karena tupoksinya sama."Jelas Dandim.

Intinya kita sama-sama berja untuk melaksanakan percepatan pembangunan, karena kita semua adalah pelayan masyarakat. Saya berharap semuanya saling mendukung, dengan demikian tolong apa yang sudah disampaikan agar tetap menjadi komitmen."harapnya.

Turut Hadir pada acara ini, Para Pimpinna SkPD, para Camat serta undangan lainnya.