Rabu, 05 Agustus 2020

Implementasi Siap Operasional, Danyon A Pelopor Sat Brimob Mengecek Senjata Tiap Personil

Tags


BN Online, Makassar---Jajaran Batalyon A pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar Apel Kesiapsiagaan di Lapangan Apel Mako Batalyon A Pelopor, Rabu (05/08/2020).

Kegiatan diawali dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh seluruh personel yang akan melaksanakan apel pagi serta gerakan mencuci tangan yang rutin dilaksanakan setiap hari dan dilanjutkan dengan pembacaan Dzikir Asmaul Husna.

Apel kesiapsiagaan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto, Dalam pelaksanaan apel kesiapsiagaan tersebut Darminto menyampaikan, " bahwa sebagai wujud bhakti brimob, kesiapsiagaan ini selain berfokus pada situasi Kamtibmas juga fokus terhadap kegiatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 serta penanganan bencana alam yang baru baru ini kita laksanakan di Kabupaten Luwu Utara”

Kemudian Darminto menyampaikan ungkapan apresiasi terhadap personel yang tergabung pada Satgas Aman Nusa II Baik itu Tim Pengawal dan Pengamanan Jenazah Covid-19 maupun Tim Patroli yang selama ini melakukan upaya pencegahan Covid-19 dengan melakukan himbauan dan edukasi kepada masyarakat yang terus berjalan hingga saat ini.

Selain itu Darminto juga memberikan Ucapan terima kasih juga diberikan kepada seluruh personel yang yang baru kembali dalam Misi kemanusiaan di Kabupaten Luwu Utara. “ Saya Ucapkan terimasih untuk personel yang baru pulang dari masamba, mereka telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, itu sebagai bukti kehadiran Negara ditengah – tengah masyarakat serta wujud nyata Bhakti Brimob untuk masyarakat. “

Usai pelaksanaan apel pagi, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan perlengkapan personil yang dipimpin Danyon A Pelopor . Pengecekan dilakukan dengan sangat detail mulai dari kelengkapan perorangan seperti Kondisi Senjata Api yang dibawa , Surat ijin Senjata Api serta Amunisi yang digunakan dalam bertindak hal itu dilaksanakan untuk menghindari kesalahan prosedur pada saat bertindak, tidak hanya itu Darminto pun mengecek isi rangsel tiap – tiap personel.

Selain mengecek perlengkapan masing – masing personel kemudian Danyon A Pelopor beralih untuk mengecek kendaraan operasional seperti Truk Angkut personel dan kendaraan roda dua yang merupakan pendukung keberhasilan tugas – tugas personel dilapangan.

Ditemui usai pelaksanaan apel kesiap siagaan AKBP Darminto menegaskan kegiatan ini untuk mengetahui tingkat kesiapan Personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel mulai dari tingkat personel, peralatan maupun perlengkapan lainnya yang dimiliki oleh Satuan dan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan semua sudah siap ini merupakan wujud implementasi Bakti Brimob untuk masyarakat, Kapanpun dan dimanapun personel Brimob harus siap mengabdi untuk masyarakat.

“ ini adalah implementasi wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat apabila sewaktu – waktu dibutuhkan seluruhnya harus siap untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat  baik itu personel mauun kendaraan “ tegas Darminto. 

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, saat dikonfirmasi menjelaskan maksud dan tujuan apel tersebut adalah dalam rangka kesiapsiagaan anggota dalam mengantisiapasi bencana ataupun situasi kamtibmas di Sulawesi Selatan Pada Umumnya dan di Kota Makassar Pada Khususnya.

“Melalui apel ini juga diharapkan kesiap siagaan seluruh personel Brimob Sulsel menjadi lebih terukur dan siap kapan pun dan dimana pun apabila dibutuhkan kehadiran kita dalam siaga bencana alam ataupun keadaan kamtibmas, ini adalah bentuk bhakti brimob dan kehadiran brimob ditengah – tengah masyarakat” tegas Muhammad Anis.(Mk)


Editor : | BN Online | Dny