Minggu, 23 Agustus 2020

"Trust", Kunci Sukses Budidaya Bawang Merah di Barru


BN Online, Barru--Keseriusan Pemerintah Kabupaten Barru untuk membina sektor pertanian hortikultura di Barru bukan isapan jempol belaka. Bupati Barru dan segenap jajaran pemerintah kabupaten Barru menghadiri undangan silaturahmi untuk melihat langsung semangat warga yang bahagia atas hasil panen Bawang Merah di Paddumpu, Desa Balusu, Barru, Minggu Siang tadi (23/8/2020).

Kehadiran Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si yang membawa serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru yang juga Tokoh Nasional dari Kabupaten Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS bersama Sekretaris Daerah Dr. Ir. Abustan dan beberapa pejabat pemerintah daerah tentunya termasuk Kepala Dinas Pertanian Ir. Ahmad, membuat masyarakat petani yang hadir merasakan perhatian pemerintah daerah mewujud dalam rasa kedekatan dan kekerabatan yang nyata.

Bupati Barru dengan lugas meminta agar stakeholder Pemerintah daerah untuk membina, mendampingi, serta membantu kelompok tani dan petani untuk maksimalkan perhatian pada pengembangan komoditas bawang merah yang menjanjikan ini, khususnya perhatian pada pengadaan benih yang berkualitas termasuk sarana prasarana pertanian.

"Insya Allah, Pemerintah daerah akan terus hadir membina, mendampingi, serta membantu kelompok tani dan petani untuk maksimalkan perhatian khususnya pada penyediaan bibit bawang merah berkualitas" ungkap Bupati Barru Suardi Saleh dihadapan sekira seratus hadirin di Paddumpu Balusu.

Beliau kemudian memaparkan bahwa sarana prasarana pertanian pendukung seperti sumur tanah dangkal, pompa air, dan cultivator serta penguatan SDM Pendamping Penyuluh menjadi bagian penting untuk keberlanjutan konsistensi keberhasilan seperti saat ini.

"Ke depan, kita harus menerapkan sistem pertanian yang modern, maju dan mandiri, hal itu akan menjadi jaminan kuantitas dan kualitas produksi lebih banyak dan harga komoditi lebih terjamin" Ujar Insinyur yang pernah menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Pinrang ini.

Kadis Pertanian Barru, Ir. Ahmad yang selama ini dikenal sebagai birokrat yang berlatar belakang akademisi pertanian menyampaikan rumus sukses dan harapannya terhadap perkembangan yang cukup membahagiakan bagi komoditas bawang merah di Barru.

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani maka komoditi bawang merah memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga berdampak langsung terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani" Ujar Ahmad yang belum setahun ini memimpin Dinas Pertanian Barru dan terus membuka wawasan petani mengenai potensi baru bagi pertanian Barru.

"Hasil panen yang dicapai petani untuk masa tanam 2020 ini Alhamdulillah, harga ditingkat petani mencapai Rp. 15.000.- per Kilogram untuk yang basah dan Rp. 20.000.- yang kering" ungkap  Kadis Pertanian.

Ia mengungkap bahwa peran penting Pengembangan Pertanian Barru adalah dukungan dan kepercayaan penuh Pimpinan yang membuatnya bersama jajaran staf termasuk penyuluh pertanian menjadi bersemangat untuk terus berbuat lebih baik untuk kemaslahatan petani di Bumi Hibridah ini ditambah hadirnya "Trust" petani terhadap panduan pemerintah daerah.

"Hasil maksimal dapat diperoleh karena petani mengikuti petunjuk teknis sesuai arahan dalam sistem budidaya bawang merah" tutupnya sembari menyampaikan informasi bahwa silaturahmi di Paddumpu Balusu ini sebagai bentuk mensyukuri hasil bersama sebagai berkah dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'Ala.(HB/Qdri)


Editor : | BN Online | Dny