Sabtu, 07 November 2020

SMPN 46 Makassar Gelar Rapat Bersama Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS)



BN Online, Makassar -- Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) merupakan Panitia Adhoc yang bertugas membantu menjalankan proses penjaminan mutu di sekolah.


Seperti sekolah menengah pertama (SMP) yang lain terkhusus yang ada di Kota Makassar, SMPN 46 juga menggelar rapat bersama Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS), Sabtu (07/11/2020).


Menurut kepala sekolah SMPN 46 Makassar Sri Dewi Lahafi, S.Pd., M.M., kegiatan TPMPS ini dilakukan sejak pukul 08.00 Wita sampai selesai. Dengan tujuan menganalisis profile, pemetaan mutu pendidikan dan mendesain sistem penjaminan mutu pendidikan, ujarnya.



Ia juga mengatakan, jauh sebelumnya dinas pendidikan kota Makassar telah mendorong setiap satuan pendidikan untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP).


Adapun yang sempat hadir dalam kegiatan rapat Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) adalah Nurdin Tawang, MM., selaku pemateri, Sri Dewi Lahafi, S.Pd., M.M., selaku kepala sekolah dan seluruh para guru pengajar SMPN 46 Makassar yang di tunjuk sebagai tim TPMPS.


Ia juga menjelaskan, untuk melaksanakan program pendidikan dengan baik, diperlukan suatu pedoman atau acuan yang terukur dan terarah. Olehnya itu, kami di SMPN 46 Makassar ini haruslah mengikuti standar nasional pendidikan (SNP), imbuhnya.



"Standar Nasional Pendidikan mencakup 8 kriteria yang wajib terpenuhi dalam upaya menuju pendidikan yang berkualitas, yaitu : standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standan pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan serta standar penilaian pendidikan".


Di tambahkan-nya lagi, Standar Nasional Pendidikan (SNP) berfungsi sebagai pedoman utama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Kami berharap, semoga kegaiatan ini berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan, tutup Sri Dewi.



Editor//BN Online//ILHO