Selasa, 25 Mei 2021

Dewan Pendidikan Kota Makassar Gelar Rakor, Cari Solusi Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Tengah Pandemi



BN Online, Makassar -- Dewan Pendidikan Kota Makassar menggelar rapat koordinasi (Rakor) di Hotel Grand Claro, Jalan AP Pettarani. Kegiatab ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Apiaty Amin Syam, Selasa (25/05/2021).


Dalam sambutannya, Apiaty mengurai pentingnya tujuan rakor ini. "Rapat koordinasi ini merupakan momentum tepat dalam mengeksplore program pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Makassar," katanya. 



Secara gamblang, Apiaty mengatakan tantangan pendidikan di era kekinian adalah adanya wabah Covid-19. Yang kemudian mengganggu kegiatan transfer ilmu alias belajar mengajar di sekolah. "Semoga rakor ini menjadi jawaban dari tantangan pendidikan di tengah pandemi itu. Mari berjalan beriringan bersama-sama menjawab tantangan tersebut. Karenanya panitia rakor menghadirkan pakar dan narasumber ahli di bidang pendidikan," sambung Apiaty.


Para narasumber yang hadir di rakor ini antara lain Prof Dr Arismunandar, mantan Rektor Universitas Negeri Makassar, Ketua LPMP Sulsel, Dr.Halim Muharram dan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri. "Bapak Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto juga akan menjadi keynote speaker," imbuhnya.



Anggota DPRD Makassar ini juga menyampaikan permohonan maaf Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo yang tidak sempat hadir karena masih menjalani karantina sesuai aturan bagi warga negara yang baru melakukan perjalanan luar negeri.


“Bapak Ketua Dewan Pendidikan beberapa hari lalu mendampingi Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel kunjungan ke Uzbekistan. Salah satu point yang dibahas dalam kunjungan itu adalah pertukaran pelajar dan mahasiswa Indonesia dan Uzbekistan," sambung Apiaty.



Beberapa waktu sebelumnya, Rudianto Lallo juga menyinggung Rakor Dewan Pendidikan Kota Makassar merupakan momen penting dalam mendorong kualitas pendidikan, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.


Ia mengatakan tema yang diangkat dalam rapat koordinasi sangat relevan dengan visi-misi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar, Hj Fatmawati Rusdi.




"Tema ini juga sekaligus supporting dan kontribusi sektor pendidikan dalam mendukung program Makassar Recover," kata Ketua DPRD Kota Makassar itu.


Rudianto menegaskan, Dewan Pendidikan Kota Makassar akan selalu bersinergi dengan pemerintah kota Makassar dalam memberi masukan sekaligus dalam mengawasi pelaksanaan pendidikan di Makassar. "Dewan Pendidikan akan memberi kontribusi konkret dalam pembangunan pendidikan di Makassar," pungkasnya.(*/ILHO)