Rabu, 23 Maret 2022

Sosialisasi Anggota DPR RI Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulad Wonomerto Di Kabupaten Probolinggo


 

Probolinggo, BN Online-- Anggota MPR Anisah Syakur menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulad Wonomerto di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada hari Rabu, 16 Maret 2022.


Di dalam pertemuannya dengan para Alumni santri dan elemen masyarakat lain, beliau menjelaskan "peran ulama, santri, dan pesantren semakin diakui oleh pemerintah saat ini. Pondok pesantren menjadi benteng pertahanan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar 1945. 


“Saya bersyukur bisa bersilaturahmi di sini. Silaturahmi bisa menambah umur dan rezeki. Saya hadir di sini mengajak santri dan masyarakat untuk terus menjaga dan memperkuat nilai-nilai 4 pilar yang tidak perlu diragukan lagi. Santri dan pondok pesantren berperan besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga keutuhan NKRI”. Ujarnya, Rabu (16/3/2022).


Dalam sosialisasi itu, Anisah memuji peran para ulama dan santri dalam ikut memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


"Ulama dan santri mempunyai peran besar kepada negeri ini. Sebab peran yang dimainkan oleh ulama dan santri tak hanya pada masa-masa kemerdekaan saja, tetapi juga saat ini. Dalam masa reformasi, banyak ulama menjadi pemimpin,banyak ulama menjadi kepala daerah, bahkan ada yang menjadi wakil presiden bahkan pernah menjadi presiden,” tutur anggota DPR RI dari Fraksi PKB.


"Bangsa Indonesia saat ini memiliki Hari Santri. Bukti lain semakin diakui adalah adanya UU pesantren. Sebagai wakil rakyat kita telah berhasil membuat UU pesantren. Dengan adanya undang-undang itu membuktikan pesantren semakin diakui,” pungkasnya.



Hal itu juga dikatakan Kyai Karanglegi selaku Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulad Wonomerto yang dimana kyai mengatakan bahwa peran serta santri serta ulama harus tetap dipertahankan.Mengingat saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian dan tantangan lantaran maraknya gerakan dan aksi yang mengancam kebhinnekaan dan persatuan bangsa.Ulama dan pengasuh ponpes, merupakan tokoh yang mempunyai fungsi strategis sebagai pengayom dan pemersatu umat.


 "Signifikan peran tersebut karena pondok pesantren bekerja membentuk akhlak anak didik yang nantinya menjadi pewaris bangsa. Tentunya memberikan pendidikan berbasiskan agama Islam yang rahmatan lil alamin. Islam yang sejuk, Islam yang toleran," kata Kyai Karanglegi.


“Bila dalam agama Islam ada Rukun Islam dan Rukun Iman, maka 4 Pilar merupakan rukun dalam berbangsa dan bernegara Indonesia, sehingga wajib hukumnya untuk menjaga 4 Pilar,” ujarnya


Para pendiri negara ini, kata dia, sudah menyepakati bentuk negara dan sistem pemerintahan yang mengakomodasi seluruh kelompok, golongan, dan semua agama yang ada di Indonesia.


 "Saya sering berpesan agar kita menempatkan posisi kita sebagai orang Indonesia yang beragama Islam. Bukan sebaliknya menempatkan sebagai orang Islam yang kebetulan berada di Indonesia. Dengan begitu ada rasa tanggung jawab manakala bangsa ini diganggu. Itu adalah manifestasi nyata dari hubbul wathan minal iman," Pungkasnya.


Reporter: Imam Nahrowi S,pd.

Editor: Slamet