Selasa, 27 Desember 2022

PERINGATI 18 TAHUN TSUNAMI, HIMPUNAN MAHASISWA DAN PELAJAR ACEH DI SUMBAR MENGGELAR ACARA MENGENANG BERSAMA

Tags

PERINGATI 18 TAHUN TSUNAMI, HIMPUNAN MAHASISWA DAN PELAJAR ACEH DI SUMBAR MENGGELAR ACARA MENGENANG BERSAMA 
BN Online ; Aceh Tengah-Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Aceh (HIMPAC) Sumatera Barat menggelar acara Mengenang 18 Tahun Tsunami Aceh pada Senin, 26 December 2022  yang berlangsung di Wisma Tanah Rencong Sumatera Barat. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati 18 tahun terjadinya tsunami di Aceh.

Bukan hanya mahasiswa Aceh, Himpunan mahasiswa dari berbagai daerah dan beberapa UKM turut diundang dan hadir dalam acara ini, diantaranya yaitu : Himpunan Mahasiswa Kerinci Sungai Penuh Sumatera Barat (HMKS-SUMBAR), Himpunan Mahasiswa Jakarta UNP (HIMAJA UNP), Ikatan Pelajar Mahasiswa Kampar (IPMK-SB), Himpunan Mahasiswa Sumatera Utara (HIMSU), Himpunan Mahasiswa Papua Sumbar (HIMAPA Sumbar), Kopaja Unand, BEM KM FIS UNP, BPM KM FIS UNP, Ikatan Mahasiswa Keluarga Jambi Unand (IMKJ), Ikatan Pelajar Mahasiswa Kepulauan Riau Sumatera Barat (IPMKM-SUMBAR), dan Unit Kegiatan Bahasa Asing UNP (UKBA UNP).

Untuk Mengenang Peristiwa Tsunami Aceh, acara ini menampilkan sebuah video dokumenter tsunami Aceh, Pembacaan Yasin bersama, Pembacaan puisi dan menggelar sesi sharing bersama saksi mata peristiwa Tsunami Aceh. 
“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dengan adanya acara Mengenang 18 Tahun Tsunami Aceh berjalan dengan lancar dan kami Mahasiswa HIMPAC juga mengundang berbagai himada dari berbagai daerah dan beberapa hima dari berbagai kampus sehingga dapat berbagi pengalaman tentang apa yg pernah masyarakat Aceh rasakan pada saat itu.

Suksesnya Acara kemarin tidak lain karena besarnya semangat dari kawan-kawan HIMPAC yang sangat menggebu-gebu sehingga Acara dapat berjalan sesuai yg diharapkan. Dan dengan adanya Acara kemarin juga saya berharap semoga dapat semakin menjalin hubungan silaturahmi antar mahasiswa Aceh, masyarakat Aceh yg berada di Sumatera Barat, dan Mahasiswa/i dari berbagai HIMADA dan HiMA dari berbagai daerah dan Kampus.” Tutur Ketua Umum HIMPAC 2022/2023 Delvi Putra Lajuna, ketika ditanyai kesan mengenai acara tersebut oleh media, Senin 26/12/2022. 

Dengan diadakannya acara Mengenang 18 Tahun Tsunami Aceh oleh Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Sumatera Barat (HIMPAC SUMBAR) diharapkan menjadi momentum untuk refleksi dan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Senada dengan yang diutarakan Aghnal  Furqan, Koordinator Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM HIMPAC), “semoga dengan adanya acara mengenang 18 tahun peringatan tsunami aceh, bisa menjadi refleksi untuk kita semua untuk bertafakkur dan terus mengingat allah swt. Juga pada momen ini kita bersama-sama mengirimkan do'a untuk saudara saudara kita yang sudah berpulang terlebih dahulu pada peristiwa tsunami aceh pada tahun 2004 semoga ditempatkan ditempat terbaik disisi-Nya, aamiin ya rabbal 'alamiin” ucapnya. 

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni