Kamis, 06 April 2023

Rakor Lintas Sektoral Dalam Persiapan Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah

Tags


BN Online Bantaeng,- Lintas Sektoral Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan menghadapi idul Fitri 1444 H/2023 Masehi. Kegiatan dilakukan di ruang vicon, Mapolres Bantaeng, Jalan Sungai Bialo, Bantaeng, Sulawesi Selatan.Kamis, 6 April 2023.


Rapat dihadiri oleh Mewakili Bupati Bantaeng, Asisten 1 Pemerintahan, Hartawan Zainuddin, SH, MH, Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara, SH,Sik,M.Si, Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Arm, Gatot Awan Pebrianto, S.Sos,MM, Basarnas, PT. Jasaraharja, Kemenag Kab. Bantaeng, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Bantaeng Dan sejumlah perwakilan dari Stakeholder terkait lingkup pemerintah kabupaten Bantaeng diantaranya, Dinas perhubungan, Satpol PP, Damkar, Dan Dinas Kesehatan.


Rakor Lintas sektoral merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui vicon (Virtual), yakni bagaimana upaya Polri guna menekan jumlah laka lantas pada ops ketupat 2023 yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 15 hari dari tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.


Pertama, melakukan pemetaan jalur rawan laka melalui analisa data dan anatomi laka pada tahun sebelumnya.


Kedua, meningkatkan edukasi perilaku mengemudi yang aman dan sosialisasi pada jalur rawan laka dengan memasang himbauan memasuki lokasi rawan laka dan rambu portable.


Ketiga, bekerjasama dengan stakeholders yakni Dishub dan Menkes melakukan uji kelayakan kendaraan dan memeriksa kesehatan pengemudi di terminal atau titik pemberangkatan mudik lainnya. Terakhir, berkoordinasi dengan stakeholders yakni Dishub, Pemda dan PUPR terkait pemenuhan sarpras penunjang seperti perbaikan jalan yang rusak, penambah jumlah rambu, serta menambah tempat peristirahatan bagi pemudik.


Sementara itu, Mewakili Bupati Bantaeng, Asisten 1 Pemerintahan, H.Hartawan Zainuddin, SH,MM, Mengapresiasi rapat koordinasi sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini dari hal hal yang tidak diinginkan terutama dalam menghadapi arus mudik hingga arus balik lebaran.


"Terkhusus kepada Dinas perhubungan agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil langkah langkah yang mendukung khususnya pada pengaturan kelancaran arus kendaraan", Kata Hartawan Zainuddin.


Kapolres Bantaeng Akbp Andi Kumara SH SIK MSI menyampaikan kerawanan yang bisa muncul pada saat Mudik adalah Rumah yang ditinggalkan oleh pemiliknya seperti Pencurian dan Kebakaran.



Kabag OPS Polres Bantaeng, Kompol Aswar Anas, S.Sos, mengungkapkan terdapat tiga poin atensi pengamanan yakni pada Arus Mudik, Hari Lebaran dan saat arus Balik pasca mudik. 


"Selain melayani agar proses tiga poin tadi lancar, tentu kita hadir mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang berpotensi terjadi, diantaranya kemacetan, potensi kejahatan, dan kesemrawutan kendaraan maupun pada kegiatan perbelanjaan", Ucap Aswar Anas.


Dia juga menyampaikan bahwa Pada Ops Ketupat 2023 akan ditempatkan Tiga Pos Pengamanan yakni Rest Area Sasayya, Jl. Raya Lanto ( Pos Pelayanan Terpadu ) dan Pertigaan Tanetea Desa Nipa Nipa Kec. Pa'jukukang.


Diperkirakan Arus mudik tahun meloncat tajam dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pemerintah telah membuka ruang interaksi luas pasca pandemi covid 19.


Sumber Humas Polres Bantaeng

Editor Edhy Bidik Nasional