Senin, 22 Mei 2023

Kpp Ipal Komunal Batua Diapresiasi Dinas Pu Kota Makassar

 


BN ONLINE MAKASSAR--Sosialisasi pembinaan teknik pengelolaan air limbah domestik di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota Makassarberlangsung  Senin (22/5/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melalui UPT BLUD PAL (Unit Pelaksana Teknis Badan Layanan Umum Daerah Pemeliharaan Air Limbah), dihadiri oleh Kepala UPT BLUD PAL HAmka Darwis mewakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Kasi Kelurahan Batua, staf UPT BLUD PAL, dan pengurus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal Swadaya Perdana.

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pembinaan teknik dalam pengelolaan air limbah, baik dari segi kelembagaan maupun teknik pemeliharaan.

Pengurus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal Swadaya Perdana sangat antusias mengikuti acara ini dan menyampaikan kendala, harapan, serta memberikan masukan kepada pihak UPT BLUD PAL Dinas PU Makassar.

epala UPT BLUD PAL, Hamka Darwis memberikan apresiasi kepada warga kelompok pemelihara dan pemanfaat IPAL Komunal Swadaya Perdana di Kelurahan Batua atas inisiatif mereka dalam memanfaatkan air hasil pengolahan limbah untuk memelihara tanaman bernilai ekonomis. Keuntungan dari usaha ini digunakan untuk membiayai pemeliharaan IPAL komunal.

Ia berharap agar kelompok-kelompok pemelihara dan pemanfaat IPAL Komunal di Kota Makassar dapat mengadopsi strategi bisnis yang telah diterapkan oleh Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal Swadaya Perdana, sehingga persoalan pembiayaan pemeliharaan IPAL komunal dapat teratasi dengan baik.

“Peserta sosialisasi diberikan pemahaman mengenai pentingnya pengelolaan air limbah domestik secara efektif dan efisien dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Mereka juga diberikan informasi tentang teknologi terkini dalam pengelolaan air limbah,” ujar Hamka.

Tak hanya itu, Hamka Darwis berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat di Kelurahan Batua serta kelompok-kelompok pemelihara dan pemanfaat IPAL komunal lainnya dalam pengelolaan air limbah domestik, sehingga menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Ia menambahkan sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam memperkuat kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan air limbah domestik.

“Diharapkan pula kegiatan ini dapat dijadikan contoh bagi kelompok-kelompok lain di Kota Makassar untuk menerapkan strategi bisnis berkelanjutan dalam pemeliharaan IPAL komunal,” ucap Hamka.

Hamka mengatakan pihaknya juga berkomitmen untuk terus memberikan pembinaan dan pendampingan kepada kelompok-kelompok pemelihara dan pemanfaat IPAL komunal dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan air limbah.

“Mereka akan menyediakan sumber daya dan informasi terkait teknologi terbaru serta memberikan dukungan dalam upaya pembiayaan pemeliharaan IPAL komunal,” terang Hamka.

Sosialisasi ini juga diharapkan dapat menjadi platform bagi pengurus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal Swadaya Perdana untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan kelompok-kelompok lainnya.

Hal ini dapat mendorong terciptanya sinergi dan kolaborasi dalam pengelolaan air limbah di tingkat komunitas, sehingga dampaknya dapat dirasakan secara lebih luas dan berkelanjutan.(**)