Selasa, 19 Desember 2023

Kapolres Aceh Tengah Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75

Tags

Kapolres Aceh Tengah Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75
BN Online // Takengon - Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra,  memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-75 dengan tema "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju.", yang dirangkaikan juga dengan hari anti Korupsi sedunia di Kab Aceh Tengah tahun 2023.

Kegiatan tersebut di pusatkan di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Selasa pagi (19/12/2023). 

Dalam kesempatan itu, Kapolres membacakan amanat Presiden RI, mengatakan, Pada hari ini, tanggal 19 Desember 2023, kita dapat Memperingati Hari Bela Negara Ke-75. Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. 

Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Semangat Hari Bela Negara Ke-75 "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju" tutupnya mengakhiri Amanat Presiden RI. 

Selesai upacara dilanjutkan dengan Atraksi perguruan seni bela diri silat tapak suci putra Muhammadiyah pesantren modern Makamam Mahmuda dan Pendatanganan Komitmen bersama untuk memperingati hari anti Korupsi sedunia di Kab Aceh Tengah tahun 2023" ujar Kasi Humas Iptu Kariya. 

Turut dihadiri, PJ Bupati Aceh Tengah diwakili oleh Asisten I Drs Mursyid M.Si, Dandim 0106/Aceh Tengah di wakili oleh Pasi Log Kapten Inf. Yanuardi, Kesbangpol Aceh Tengah Sarwa Jalami, Ketua MPU Drs. Amri Jalaluddin, Anggota Panwaslih Aceh Tengah Ismail Muammar dan tamu undangan.

Aharuddin