Sabtu, 16 Desember 2023

Kegiatan "Food Market" Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Butung I Memukau Kepala Sekolah dan Guru-Guru

 



BN Online, Makassar 16 Desember 2023 – Hari ini, UPT SPF SD Negeri Butung I menjadi saksi kegiatan spektakuler, "Food Market," yang diadakan oleh Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah dan guru-guru SD Kompleks Butung.


Dengan tema Kearifan Lokal, para siswa dengan antusias memamerkan keanekaragaman budaya melalui sajian makanan dan minuman tradisional. Kepala sekolah, Wahyuningsih, menyampaikan kebanggaannya terhadap inisiatif para siswa dalam mempromosikan kearifan lokal.


"Kegiatan ini tidak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai budaya dan tradisi yang perlu dilestarikan," ungkap Ibu Ningsih, sapaan akrabnya.




Guru-guru SD Kompleks Butung turut terlibat aktif dalam mendukung kegiatan ini, memberikan panduan kepada siswa-siswa untuk mempresentasikan makanan tradisional dengan cerdas. Setiap stan dipenuhi dengan aroma khas masakan Nusantara, dari rendang yang gurih hingga klepon yang manis.


Ketua panitia kegiatan, menyatakan, "Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat lebih mengenal dan mencintai warisan budaya Indonesia. Food Market ini juga menjadi ajang pengembangan keterampilan sosial siswa dalam berkomunikasi dan berkolaborasi."


Tak hanya menawarkan sajian kuliner, tetapi acara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya dari siswa-siswa P5 Profil Pelajar Pancasila. Para pengunjung dapat menikmati tarian tradisional, pentas seni musik, dan pameran kerajinan tangan yang dibuat oleh para siswa.


Dengan suksesnya kegiatan "Food Market" ini, diharapkan semakin banyak siswa yang terinspirasi untuk menjaga dan menghargai kekayaan budaya Indonesia. Kepala sekolah dan guru-guru SD Kompleks Butung berharap kegiatan semacam ini dapat menjadi motivasi positif untuk melibatkan siswa dalam kegiatan berbasis kearifan lokal di masa depan. (Yahya)


Editor; Dellate