Selasa, 23 April 2024

UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa III Kota Makassar Mengikuti Kegiatan sosialisasi B2SA


BN Online, Makassar- UPT SPF Sekolah Dasar Inpres Sambung Jawa III Kecamatan Mamajang Kota Makassar menjadi satu-satunya sekolah yang terpilih sebagai perwakilan dari Kecamatan Mamajang dalam kegiatan sosialisasi Gerakan Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung pada Selasa (23/4/2024) dimulai pada  pukul 09.00 hingga 12.30 siang.



Kepala Sekolah, Ibu Fatmawati Naim S.Pd, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) di tingkat rumah tangga , khususnya dengan pemanfaatan pangan lokal bagi  peserta anak didik.



Lebih lanjut Fatmawati menyampaikan bahwa Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pemahaman akan pentingnya pola konsumsi pangan yang B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) khususnya bagi anak usia sekolah. Umumnya anak-anak kurang suka mengonsumsi pangan seperti sayur dan buah serta lebih memilih makanan cepat saji (fast food) yang justru minim kandungan zat gizi.


"Melalui kegiatan ini kita berharap anak anak dapat memahami bahwa mengkonsumsi makanan yang beragam, seimbang dan bergizi serta aman itu sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat," ujar Fatmawati.


Dalam acara ini terdapat beberapa kegiatan dan perlombaan yang dilaksanakan antara lain:


Dongeng Edukasi B2SA

Edugame B2SA

Pemberian Pangan B2SA

Pemberian Merchandise B2SA

Penyerahan Banner


Gerakan Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) merupakan upaya untuk memastikan bahwa konsumsi pangan masyarakat mencakup aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang jika dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. (Andi Achy)


Editor: Dellate